Rabu, 19 Januari 2022
Lifestyle

Tips Berkendara Motor Aman MPM Honda Jatim Bagi Perempuan

profile
Avirista

24 April 2021 05:46

48 dilihat
Tips Berkendara Motor Aman MPM Honda Jatim Bagi Perempuan
Berkendara motor aman bagi kaum perempuan (istimewa)

SURABAYA - PT MPM Honda Jatim berbagi tips berkendara motor yang aman bagi kaum perempuan. Hal ini sebagai untuk keselamatan dan kenyamanan berkendara motor bagi kaum perempuan.

Apalagi ada beberapa orang perempuan yang sebenarnya belum terlalu mahir mengendarai sepeda motor, namun tetap nekat beraktivitas mengendarai sepeda motor.

Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim Hari Setiawan mengatakan, tips mengendarai motor untuk kaum perempuan memang hampir sama dengan kaum pria. Namun ada poin bagaimana wanita harus memastikan dirinya memiliki kemampuan berkendara yang baik sebelum menuju jalan raya.

"Pastikan pengendara benar-benar mampu untuk mengoperasikan kendaraan bermotor dengan benar. Jangan sampai pengendara tidak mampu mengoperasikan motor saat berkendara di jalan raya sehingga bisa menimbulkan kecelakaan atau bahaya bagi diri sendiri atau orang lain," ujar Hari Setiawan melalui pesan singkatnya, kepada suarajatimpost Sabtu (24/4/2021).

Dijelaskan Hari kembali, wanita biasanya belum memahami karakter motornya terlebih dahulu, seperti fungsi rem, gas, dan komponen lain seperti sein. Makan hal ini seharusnya yang ditekankan terlebih dahulu, bila pun akhirnya mempraktekkan diri berkendara di jalan raya sebaiknya berkendara di lajur kiri.

"Fokus pada saat di jalan, kurang fokus di jalan juga menjadikan gaya berkendara jadi sembarangan. Misalkan pelan di jalur cepat atau sebaliknya," ungkapnya.

Tak kalah penting lagi, Hari menyebut perempuan harus dapat memilih rute perjalanan yang akan dilintasi. Hal ini agar jalan yang dilintasi sesuai rencana, tidak salah jalan, dan terpenting bisa berangkat dan sampai tujuan dengan selamat.

"Jangan lupa menggunakan helm yang SNI dan berwarna cerah. Jaket yang menutupi seluruh bagian badan dan nyaman saat digunakan. Sarung tangan yang menutupi seluruh bagian tangan juga bisa digunakan. Sebaiknya juga menggunakan celana panjang yang tidak terlalu ketat, tidak terlalu tipis, memakai sepatu, dan berkaos kaki," paparnya.

Hari menambahkan, masker juga menjadi hal yang wajib dipakai saat berkendara di era pandemi COVID-19 seperti saat ini. Tak lupa perlengkapan surat - surat bermotor dan identitas diri juga harus disiapkan, sebelum berkendara.

"Terpenting juga selain masker untuk melindungi kesehatan diri kita, jangan lupa membawa surat - surat kendaraan bermotor SIM, STNK, identitas diri, dan yang yang cukup. Dan tas yang dibawa sebaiknya ditaruh bagasi motor, jangan ditenteng," terangnya.

"Dan yang tak kalah penting cek kondisi kendaraan sebelum berkendara seperti bahan bakar. Serta cek secara berkala di bengkel kondisi ban, kondisi rem, Instrumen lampu, dan kaca spion." tutupnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Tips Berkendara Motor Aman MPM Honda Jatim Bagi Perempuan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT