Rabu, 26 Januari 2022
Pendidikan

TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jadi Percontohan Paud Inklusif di Sidoarjo

profile
Krisna

01 November 2021 21:50

376 dilihat
TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jadi Percontohan Paud Inklusif di Sidoarjo
Kadisdikbud Sidoarjo Tirto Adi saat melihat anak berkebutuhan khusus di ruang terapi. (Krisna / SJP)

SIDOARJO - Sekolah TPA TC KB TK Aisyiyah Bustanul Athfal di Bebekan Sepanjang Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo atau yang dikenal dengan sebutan Ababe, jadi percontohan PAUD Inklusif.

Kepala Sekolah TK Aisyiyah Bustanul Athfal, Massuniyah S.Pd menjelaskan pihaknya telah menerima anak berkebutuhan khusus (ABK) dari 10 tahun lalu. Setiap kelas 2 ada dua anak Inklusif.

"Disini ada 10 kelas, setiap kelas ada dua orang ABK. Kami juga siapkan guru pendamping khusus, jika membutuhkan," Katanya saat dikonfirmasi disela-sela Bimtek Guru Paud Inklusif yang berlangsung selama 3 hari, Senin (1/11/2021).

Sekolah yang memiliki 160 siswa-siswi itu juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas, salah satunya dengan tempat terapi dan psikolog anak berkebutuhan khusus yang mumpuni.

"Dengan Bimtek Inklusif ini, kami ingin menjamin mutu pendidikan siswa Inklusif sama baiknya dengan siswa yang umum," ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidoarjo, Dr. Tirto Adi mendukung penuh adanya Bimtek untuk guru pengajar siswa Inklusif.

"Apa yang dilakukan, Ababe ini sangat bagus, karena ini merupakan bagian dari peran serta masyarakat untuk memajukan pendidikan di Sidoarjo, khususnya bagi anak Inklusif," Katanya saat menghadiri acara Bimtek Paud Inklusif.

Mantan Kepala Dinas Sosial itu menambahkan, secara untuk dukungan dari Pemkab Sidoarjo untuk pendidikan PAUD berupa dana hibah. Sedangkan untuk tingkat SD-SMP berupa Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA).

"Mudah-mudahan, BOSDA ini bisa juga diberikan kepada jenjang pendidikan TK atau PAUD. Untuk guru pendamping khusus juga mendapatkan instensif, sekitar Rp2 juta," pungkasnya. (Tam)

Tags
Anda Sedang Membaca:

TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jadi Percontohan Paud Inklusif di Sidoarjo

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT