Rabu, 19 Januari 2022
Pendidikan

Tuangkan Keprihatinan Covid-19 pada Lukisan, Siswa SD di Batu Sabet Juara Nasional

profile
Doi

23 Januari 2021 14:25

126 dilihat
Tuangkan Keprihatinan Covid-19 pada Lukisan, Siswa SD di Batu Sabet Juara Nasional
Akhmad Ramadhan Ayahanda Dhafira Rizky Amalia saat mendampinginya menerima penghargaan dari Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. (Foto: istimewa)

KOTA BATU - Seorang siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kota Batu menyabet juara lomba melukis tingka nasional mengusung tema pandemi Covid-19.  Siswa bernama Dhafira Rizky Amalia siswa kelas 4 SDN Junrejo 2, Kecamatan Junrejo, Kota Batu ini baru saja menjuarai lomba lukis anak tingkat nasional, yang diadakan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Batu. 

Warga Perumahan Wastu Asri, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo ini memenangkan peringkat kedua kategori C, Lomba Pesta Gambar tingkat nasional, kisah anak-anak tentang Pandemi Covid-19. Tiga karya dikirimkan Dhafira untuk perlombaan itu, satu diantaranya karya lukis berjudul Pasien Covid-19 mendapatkan peringkat kedua. Dalam gambar ini, ia menceritakan kondisi yang dialami pasien covid-19 dalam perawatan.

Ia juga mengirimkan karya lukis berjudul Kelasku Kosong Dimasuki Binatang dan satu karya lainnya berjudul hanya bisa bermain di pekarangan rumah saja. Ramadhan mengatakan, putrinya memang selalu mengisi waktu kosong dengan melukis. Terkadang apa yang Dhafira sukai dari yang dibaca atau ditonton di televisi, ia tuangkan dalam lukisan.

"Dhafira bercerita dalam lukisannya tentang kondisi yang dialaminya lewat lukisan, sederhana sekali, apa yang dilihat dari tv, koran. Dia menggambarkan pasien covid sedang duduk di kursi roda. Jadi karyanya memang original sesuai apa yang menjadi kegelisahan dia, apa yang ia harapkan untuk pandemi ini segera berakhir, dia ungkapkan apa adanya lewat lukisan dan intuisinya," ujar Ramadhan.

Atas pencapaian ini, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengundang Dhafira Rizky Amalia ke Balai Kota Among Tani saat kegiatan Jaksa Sayang Anak yang diselenggarakan, Kamis (21/1/2021) di Graha Pancasila. "Ketika kita punya semangat punya kemauan tidak ada kata tidak bisa, selamat untuk Dafira yang sudah meraih juara. Ayahnya Dhafira ini jupa pelukis lo, selamat Buat Pak Ramadhan," ujar Dewanti saat memberikan penghargaan, pada Sabtu (23/1/2021).

Sebagai informasi lomba tersebut dilaksanakan secara virtual. Karya dikirimkan lewat pos kemudian dilakukan penilaian oleh dewan juri, dimana proses penilaian lomba yang diselenggarakan oleh lembaga bernama Perspektif ini ditayangkan di youtube. (doi)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Tuangkan Keprihatinan Covid-19 pada Lukisan, Siswa SD di Batu Sabet Juara Nasional

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

1 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT