Rabu, 26 Januari 2022
Pemerintahan

Tuntutan Tak Dipenuhi, Warga Sembayat Gresik Hentikan Proyek Pemasangan Pipa PDAM

profile
Fitrotin

31 Mei 2021 21:59

100 dilihat
Tuntutan Tak Dipenuhi, Warga Sembayat Gresik Hentikan Proyek Pemasangan Pipa PDAM
Pembicaraan proyek pipanisasi PDAM Giri Tirta di Balai Desa Sembayat Gresik

GRESIK - Warga dan tokoh masyarakat Desa Sembayat, Kecamatan Manyar, Gresik, akhirnya sepakat menghentikan sementara proyek pipanisasi milik PDAM Giri Tirta yang melintasi desa itu. Alasannya, warga meminta agar pihak PT Gemilang Karunia Tama selaku pelaksana proyek pipanisasi memenuhi tuntutan mereka. 

Keputusan itu diambil pada saat mediasi dan sosialisasi yang dihadiri oleh perwakilan dari PT Gemilang Karunia Tama selaku pelaksana proyek pipanisasi, Kepala Desa Sembayat Amin, Pengurus BPD dan sejumlah Ketua RT di balai desa setempat, pada Senin (31/5/2021).

Selain itu warga menuntut adanya tali asih sebesar Rp 3 juta untuk setiap rumah yang dilintasi jalur pipa, ganti rugi sumur warga sebesar Rp 1 juta, serta adanya CSR dari pihak pelaksana proyek berupa bak sampah dan penunjang fasilitas umum di RT8 dan RT12.

Kepala Desa Sembayat Amin mengatakan, bila poin tuntutan warga tersebut belum disetujui, karena harus disampaikan ke pihak atasan terlebih dahulu. Oleh karena itu, sesuai kesepakatan maka proyek pipanisasi dihentikan untuk sementara waktu.

β€œDan sesuai apa yang disampaikan oleh perwakilan pelaksana proyek, bahwa jawaban atas tuntutan warga dalam mediasi ini akan disampaikan paling lambat 2 hari. Karena harus dilaporkan ke atasannya dulu,” ujar Amin, Senin (31/5/2021)

Ali Muktar selaku perwakilan warga menyebut dalam mediasi kali ini ada enam tuntutan warga terhadap pelaksana proyek pipanisasi milik PDAM Giri Tirta Gresik. Hanya saja tuntutan tersebut belum disepakati.

"Kalau ada sumur yang rusak lagi, harus dibuatkan sumur baru," kata Ali Mukhtar warga Sembayat usai beraudensi dengan pihak PT Gemilang di Balai Desa Sembayat, Senin (31/5/2021).

Tidak hanya itu, warga juga meminta adanya CSR berupa tempat sampah dan fasilitas umum (fasum). Selajutnya, memberikan ganti rugi terhadap bangunan yang rusak. "Jaminan itu berlangsung selama 1 tahun. Jika ada yang rusak lagi, pihak pelaksana yang bertanggungjawab," imbuhnya.

Kemudian, beberapa bekas galian harus ditutup kembali seperti semua. Hasil perjanjian ini nantinya harus bermaterai. "Sebelum tuntutan warga terealisasi, proyek harus dihentikan sementara," terangnya.

Sementara itu, Humas PT Gemilang Karunia Tama, Nano mengatakan, pihaknya akan memberikan jawaban atas tuntutam warga selama dua hari kedepan. "Masalah proyek sudah kami hentikan sementara. Sampai tuntutan warga selesai,"pungkasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Tuntutan Tak Dipenuhi, Warga Sembayat Gresik Hentikan Proyek Pemasangan Pipa PDAM

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT