Sabtu, 29 Januari 2022
Peristiwa Nasional

Turun Tangan, Polda Jatim Kejar Pembuang Sesaji di Gunung Semeru hingga ke Lombok

profile
Andy

11 Januari 2022 21:39

66 dilihat
Turun Tangan, Polda Jatim Kejar Pembuang Sesaji di Gunung Semeru hingga ke Lombok
Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko saat konferensi pers

SURABAYA - Polda Jawa Timur (Jatim) mengejar pria pembuang dengan membuat tim khusus mengejar pria yang diketahui identitasnya.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko menyampaikan, pihaknya sudah mengantongi identitas pelaku yang diduga asal Lombok.

"Sehingga kami pun melakukan gerak cepat untuk berkoordinasi dengan Polda NTB untuk melakukan pengejaran dan penangkapan pelaku tersebut," ungkap Gatot Repli Handoko.

Sementara itu, Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti menyatakan, pihaknya telah menemukan identitas pelaku pembuangan sesajen di lokasi bencana Gunung Semeru tepat di Dusun Curah Kobokan, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. 

"Identitasnya kami sudah tahu," kata Eka, melalui pesan singkatnya, pada Senin siang. 

Selain pencarian langsung, timnya berkoordinasi dengan Polda Jawa Timur untuk memantau secara siber keberadaan sang pria yang disebut relawan kebencanaan di Gunung Semeru ini. 

"Kami juga didukung penuh oleh Ditreskrimum Polda Jatim, kami lakukan pelacakan dan penelusuran guna penyelidikan terhadap terduga pelaku, bukan hanya penyelidikan di lapangan, namun juga kita dibantu tim cyber untuk patroli di media sosial," bebernya. 

Sebelumnya diberitakan, sebuah video pembuangan sesaji di kawasan Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang viral beredar di media sosial. Ada dua video yang beredar berdurasi 30 detik dan 20 detik. 

Tampak di dua video itu, pria dengan menggunakan pakaian abu-abu, rompi hitam, dan penutup kepala berwarna hitam membuang dan menumpahkan beberapa sesaji. Sesaji berupa beras, bunga, pisang, yang diletakkan di sebuah tempat dibuang pria yang bersangkutan.

Bahkan di video yang dilihat tersebut, pria ini mengambil sebuah sesaji yang diduga dijadikan rangkaian sembahyang agama Hindu. Sebab terlihat sesaji berupa canang sari diambil dari tempat persembahyangan kecil agama Hindu yang biasanya ada di rumah-rumah, atau desa. Sesaji itu ia buang sambil mengucapkan takbir beberapa kali.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Turun Tangan, Polda Jatim Kejar Pembuang Sesaji di Gunung Semeru hingga ke Lombok

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT