Rabu, 26 Januari 2022
Pendidikan

UIN Malang Buka Kuliah Gratis Bagi Penghafal Alquran

profile
Avirista

04 Maret 2021 15:43

210 dilihat
UIN Malang Buka Kuliah Gratis Bagi Penghafal Alquran
Suasana UIN Malang

MALANG -  UIN Maliki Malang membuka seleksi bagi calon mahasiswa ingin berminat kuliah gratis. Peluang emas tersebut diperuntukkan bagi hafidz dan hafidzah yang hafal 30 juz Alquran. Karena UIN Maliki Malang membuka kesempatan para penghafal Al Quran untuk studi secara gratis lewat beasiswa teladan hingga lulus kuliah.

Ada beberapa jalur yang dapat diakses para penghafal Alquran ini mulai dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN), hingga jalur mandiri.

Wakil Rektor I UIN Maliki Malang Prof. Zainuddin mengatakan, beasiswa kuliah gratis ini diberikan kepada penghafal Alquran yang pendaftarannya dibuka sejak 22 Februari 2021 hingga 24 Maret 2021 mendatang. "Usia maksimalnya 20 tahun untuk penerima beasiswa ini," ucap Prof. Zainuddin.

Zainuddin menambahkan, para calon mahasiswa ini nantinya harus melengkapi beberapa persyaratan lainnya di antaranya lulusan SLTA atau sederajat, lukisan pesantren muaddalah yang lulus pada tahun 2020 atau 2021. Selain itu calon mahasiswa harus memiliki sertifikat hafalan (bagi hafidz dan hafal Alfiyah Ibnu Malik atau Uqudul Juman).

"Peserta bisa mendaftar melalui website kampus uin-malang.ac.id nanti klik pendaftaran dan login. Biaya pendaftarannya Rp 300 ribu," ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bagi calon peserta saat tes baca Al Quran harus memerhatikan dengan seksama agar bacaannya menjadi lancar. Materi seleksi terdiri dari tes tulis serta tes interview melalui online. Sedangkan, informasi lebih lanjut dan detailnya bakal diinformasikan melalui website resmi https://reg.uin-malang.ac.id

"Yang lolos harus melakukan registrasi sebagai mahasiswa," ungkap dia.

Adapun jadwal pendaftarannya dimulai sejak 22 Februari - 24 Maret 2021, dengan pelaksanaan tes pada 5 April 2021, yang meliputi tes tulis potensi dan preferensi. Sedangkan tes prestasi nantinya akan dilakukan pada 6 - 7 April 2021.

Selain itu, tes interview juga akan dilakukan pada 7 April,  dimana nantinya pada 13 April 2021 pengumuman seleksi akan dilakukan.

Sementara itu program studi yang menerima seleksi bagi penghafal Alquran yakni akuntansi, bahasa dan sastra arab, biologi, farmasi, fisika, hukum ekonomi syariah (muamalah), hukum keluarga islam (ahwal syakhsiyyah), hukum tata negara, dan Ilmu Alquran dan Ilmu Tafsir.

Selanjutnya, ada program studi Kimia, Manajemen, Manajemen Pendidikan Islam, Matematik, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Dokter, hingga Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Kemudian Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Perbankan Syari'ah, Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Psikologi, Sastra Inggris, Tadris Bahasa Inggris, Tadris Matematika, Teknik Arsitektur, dan Teknik Informatika
 

Tags
Anda Sedang Membaca:

UIN Malang Buka Kuliah Gratis Bagi Penghafal Alquran

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT