Rabu, 26 Januari 2022
Kesehatan

Vaksinasi Dosis Kedua Bakal Diberikan Ke Sejumlah Nakes

profile
Ikhwan

10 Februari 2021 19:42

35 dilihat
Vaksinasi Dosis Kedua Bakal Diberikan Ke Sejumlah Nakes
Tenaga kesehatan di RSUD Saiful Anwar Malang di vaksinasi Covid-19

BANYUWANGI - Sejumlah tenaga kesehatan di Banyuwangi akan diberikan vaksin Covid-19 dosis kedua. Sebanyak 6.349 tenaga kesehatan (nakes) dijadwalkan akan divaksinasi dosis kedua pada Kamis (11/2/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono mengatakan, dosis kedua vaksin Sinovac ini akan diberikan kepada nakes yang sebelumnya sudah menjalani suntik vaksin tahap pertama.

"Insyaallah jumlah vaksin yang sudah kita terima sampai sekarang itu akan mencukupi untuk nakes dalam dua dosis semuanya," terang Rio sapaan akrabnya, Rabu (10/2/2021).

Rio menyebut, selain nakes, dosis vaksin kedua juga disiapkan khusus untuk disuntikkan kepada 10 tokoh Banyuwangi yang sebelumnya mengawali program vaksinasi.

"Nantinya hari Kamis besok akan dilakukan, namun tidak seperti seremonial yang di Pendopo. Tapi kita akan datangi ke tempat kerja mereka masing-masing. Untuk dilakukan penyuntikan dosis kedua," imbuhnya.

Sementara, lanjut Rio, untuk data ratusan nakes susulan yang baru terdaftar mendapatkan vaksinasi belum bisa dilakukan penyuntikan vaksin dosis kedua secara bersamaan dengan nakes lainnya.

"Karena harus menyesuaikan waktu 14 hari setelah mendapatkan penyuntikan dosis pertama," ucap Rio.

Dia menjelaskan bahwa penyuntikan dosis pertama masih belum terbentuk atibodi yang maksimal. Sementara penyuntikan dosis kedua baru bisa terbentuk antibodi yang signifikan.

Rio memberitahukan jika vaksin Sinovac belum sepenuhnya membebaskan atau menyembuhkan orang dari virus Covid-19. Sehingga protokol kesehatan jangan sampai ditinggalkan.

"Gunanya untuk merangsang tumbuhnya antobodi. Jadi semua yang sudah mendapatkan vaksinasi harus tetap menjaga protokol kesehatan," pintanya. (*)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Vaksinasi Dosis Kedua Bakal Diberikan Ke Sejumlah Nakes

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT