Minggu, 23 Januari 2022
Pemerintahan

Wabup Jember Ingatkan Peran Masjid Cegah Paham Radikal yang Masuk ke Masyarakat

profile
Rochul

20 Juni 2021 12:50

341 dilihat
Wabup Jember Ingatkan Peran Masjid Cegah Paham Radikal yang Masuk ke Masyarakat
Pelaksanaan Musda PD DMI yang dihadiri Wabup Jember

JEMBER - Wakil Bupati Jember Muhammad Balya Firjaun Barlaman mengingatkan pentingnya mengingatkan radikalisme melalui peran tokoh agama dan ulama. Hal ini disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Jember Muhammad Balya Firjaun Barlaman atau yang akrab disapa Gus Firjaun pada saat Musyawarah Daerah (Musda) PD Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jember.

Pada Musda Pengurus Daerah (PD) DMI Jember yang dilakukan di Aula Stikes dr. Soebandi Jember ini, Gus Firjaun juga mengingatkan pentingnya peran masjid sebagai fungsi deradikalisasi di kalangan masyarakat. Termasuk mewaspadai adanya paham - paham radikal yang coba dimasukkan golongan tertentu melalui masjid.

"Antisipasi pertama kita, memang harus mengetahui terlebih dahulu siapa yang memberikan materi kajian. Apalagi pemateri dari luar harus betul-betul diperhatikan seperti apa kajiannya," kata Gus Firjaun, melalui siaran pers yang diterima suarjatimpost pada Minggu pagi (20/6/2021). 

Selanjutnya, kata Gus Firjaun, jika ada materi-materi yang disampaikan, misalnya terindikasi memicu perpecahan. "Maka juga sebaiknya segera dicut dan langsung berkoordinasi," tegasnya.

Ia juga berpesan agar setiap khotib yang memberikan khutbah dan ceramah di masjid - masjid agar mendekatkan diri kepada Allah, dan tidak ditunggangi kepentingan politik golongan tertentu.

"Jadi kita harapkan masjid ini jadi media akhirat bukan media politik, dan sebagainya," papar Gus Firjaun.

Sementara itu, Ketua PD-DMI Jember, Hawari Hamim mengapresiasi kegiatan Musda ini, karena ini tugas akhir dirinya dalam masa satu periode. 

"Dalam hal ini kami akan melaporkan berbagai aktifitas yang sudah kami laksanakan, dan sekaligus bertanggung jawab atas kegiatan yang sudah terlaksana selama 5 tahun ke belakang ini," terang Hawari.

Setelah terpilihnya ketua baru, akan dilanjutkan dengan menyelenggarakan pelantikan di City Forest Arum Sabil.

"Sebulan maksimal setelah terpilihnya pengurus baru, akan dilaksanakan pelantikan. Setelah mendapatkan SK kepengurusan dan struktural tersusun nanti PW DMI Jatim yang akan melantik," tutupnya.

Tampak hadir dalam kegiatan Musda PD DMI Kabupaten Jember Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) DMI Jawa Timur Muhammad Roziqi; beserta Wakilnya, HM. Arum Sabil. Adapaun tema Musda PD DMI Kabupaten Jember tahun 2021 ini yakni Sinergi, Kolaborasi, Akselerator, untuk Memakmurkan dan Dimakmurkan.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Wabup Jember Ingatkan Peran Masjid Cegah Paham Radikal yang Masuk ke Masyarakat

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT