Sabtu, 22 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Warga Laporan ke Pemdes Gerbo Dugaan Penyelewengan Bantuan Hibah Kelompok Petani

profile
Admin

04 November 2020 10:12

285 dilihat
Warga Laporan ke Pemdes Gerbo Dugaan Penyelewengan Bantuan Hibah Kelompok Petani
Warga saat menemui pemerintah desa melaporkan dugaan penyelewengan bantuan hibah

PASURUAN - Kelompok petani di Pasuruan dilaporkan warganya ke Pemerintah Desa Gerbo, Kecamatan Purwodadi, lantaran diduga telah menyelewengkan bantuan dana hibah dari pemerintah. Kelompok petani bernama Lembu Langgeng atau yang dikenal dengan Lembu Makmur ini diklaim warga telah menyelewengkan dana bantuan hibah program tahun 2012 / 2013.

Dana hibah program tahun 2012/2013 yang turun dari Provinsi tersebut mulanya dibelikan sapi agar bisa bergulir dan dapat mensejahterakan kelompok tani.

Namun ditengah perjalanan, sapi yang sudah diberikan kepada beberapa anggota kelompok untuk diternak atau dikelola malah ditarik kembali oleh Agus Purwanto selaku Ketua Kelompok Lembu Langgeng atau Lembu Makmur.

Tak hanya itu, bahkan Agus purwanto yang saat itu masih berstatus sebagai ketua kelompok menempatkan sapi yang sudah ditarik dari tangan anggotanya kedalam kandang pribadi. Namun pada akhirnya tidak ada kejelasan dimana sapi-sapi yang sudah ditarik oleh Agus.

Menanggapi kejanggalan tersebut, Kepala Desa Gerbo Sutrisno, menyebut saat itu telah memanggil untuk mengklarifikasi kepada anggota kelompok Lembu Makmur, namun yang hadir hanya 4 atau 5 orang saja. 

"Kemarin kelompok tani Lembu Makmur sudah saya panggil dan datang hanya 4 sampai 5 orang anggota. Saya mendapat surat dari masyarakat Pagar Gunung meminta pertanggung jawaban mengenai dana hibah," terang Sutrisno.

Sutrisno yang bertanya kepada anggota kelompok merasa aneh, dikarenakan jawaban dari anggota kelompok berbeda dengan jawaban saat sebelumnya bertemu dilokasi lain.

"Waktu saya panggil hanya datang 4 orang dan salah satu dari anggota yang datang sampai ketakutan hingga menangis saat saya panggil," ucap Sutrisno ditemui suarajatimpost pada Rabu (4/11/2020). 

Sementara itu Agus Purwanto saat dimintai keterangan menyebut agar sapi dapat bergulir. Bahkan ia mengaku bila sapi telah dikembalikan ke orang yang memberi. "Sapi sudah dikembalikan kepada yang memberi," jawab Agus singkat. 

Namun hingga kini pengurus kelompok petani tersebut seolah menutupi kejelasan pengelolaan dana hibah yang dimaksudkan. 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Warga Laporan ke Pemdes Gerbo Dugaan Penyelewengan Bantuan Hibah Kelompok Petani

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT