Selasa, 28 Juni 2022
Olahraga

Atlet E-Sport Kota Batu Lolos Seleksi Siap Berlaga di Porprov Jatim

profile
Doi

06 Juni 2022 09:36

718 dilihat
Atlet E-Sport Kota Batu Lolos Seleksi Siap Berlaga di Porprov Jatim
Seleksi atlet E-Sport Kota Batu berlangsung di Lippo Plaza. (SJP)

KOTA BATU – Sebanyak 130 atlet E-Sport Kota Batu, kemarin Minggu 5 Juni 2022, ikuti seleksi atlet di Lippo Plaza Batu, Jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur ke-7 Tahun 2022.

Gelaran Porprov Jatim 2022 direncanakan berlangsung dari 25 Juni hingga 3 Juli 2022.

Ketua Umum E-Sport Kota Batu, Hardian Bayu, mengatakan, seleksi ini adalah seleksi awal sebelum Atlet E-Sport Kota Batu yang dipilih akan menjalani kualifikasi Jatim online sebelum melaju ke Porprov Jatim.

“Kita akan pilih 15 Atlet E-Sport yang akan mewakili Kota Batu dalam Porprov Jatim yang akan diadakan di Kabupaten Jember,” kata Bayu.

Untuk Cabang Olahraga E-Sport, game yang dikompetisikan diantaranya Mobile Legends, PUBGM, Free Fire, LoL Wildrift, efootball, FIFA 22.

Ditambahkan Bayu, pembinaan yang diprogram ESI Batu dimulai dari umur 13 tahun sampai 22 tahun.

"Belum adanya event khusus hingga saat ini membuat jumlah atlet di Kota Batu masih belum terdata," kata dia.

Fokus penjaringan ini, masih kata Bayu, untuk mereka yang berdomisili di Kota Batu.

"Dokumen seperti KTP dan KK wajib warga Batu, untuk  menaikkan bakat warga batu dan potensi mereka di jenis olahraga ini,” jelasnya.

Jenis game yang di pertandingkan,  hari ke – 1, LOL Wild Rift, PUBGM & Free Fire, hari ke – 2, Mobile Legend, E-Football 2021, Fifa 2022. Setiap peserta hanya diperkenankan untuk mengikuti satu kategori game.

“Panitia akan memilih mana yang akan berangkat ke Porprov Jatim pada  15 Juni nanti secara online” tegas dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq, menyambut baik dengan adanya event yang sangat bagus untuk milenial pariwisata.


“Tentu sangat saya apresiasi kegiatan ESI.  Kota Batu sebagai kota wisata   sangat mengapresiasi. Mendatang, kegiatan ini bisa menghadirkan para wisatawan khususnya atlet – atlet yang bisa menarik para wisatawan ke batu,” kata Arief.


Dukungan juga disampaikan Ketua komisi C  DPRD Kota Batu, Khamim Tohari. Pria yang juga pengusaha apel itu bersyukur atas berkembangnya olahra E-sports ini.


“kawan-kawan pembina ini luar biasa, karena mampu menjaring para atlet handal dari batu yang nantinya bakal berlaga di Porprov Jatim,” ungkap dia.


Turun langsung memantau potensi atlet, Wakil Wali Kota, Punjul Santoso, yang hadir untuk meninjau pelaksanaan seleksi, memberikan dukungan dan semangat kepada atlet yang berkompetisi.

“Kami dari Pemerintah Daerah sangat mendukung adanya Cabor E-Sport. Saya harap ada sosialisasi juga kepada orang tua, bahwa game juga bisa membawa hal yang positif,” katanya.

Wakil Wali Kota Batu menambahkan, harus ada kolaborasi antara pemerintah, stakeholder dan orang tua, karena ini adalah cabor baru.

"Melalui E-Sport, kami berharap kegiatan ini bisa mengangkat nama Kota Batu agar lebih dikenal," pungkas dia. (Redaksi)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Atlet E-Sport Kota Batu Lolos Seleksi Siap Berlaga di Porprov Jatim

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT