Jumat, 03 Februari 2023
Olahraga

Kenal Bola Sejak Usia 2 Tahun, Begini Kisah Putra Polisi Gelandang Timnas U16 Asal Mojokerto

profile
Andy

21 Agustus 2022 18:12

795 dilihat
Kenal Bola Sejak Usia 2 Tahun, Begini Kisah Putra Polisi Gelandang Timnas U16 Asal Mojokerto
Gelandang Timnas Indonesia U16, Muhammad Narendra Tegar Islami bersama keluarganya. (SJP)

MOJOKERTO - Sungguh membanggakan, saat timnas U16 Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 1 - 0 dalam pertandingan piala AFF, Jumat (12/8/2022) lalu Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Salah satu gelandang timnas U16 itu merupakan putra Aiptu Muhammad Sholeh yang bernama Muhammad Narendra Tegar Islami.

Bakat gelandang yang akrab disapa Tegar itu sudah terlihat sejak usia dua tahun. Hal itu disampaikan Aiptu Muhammad Sholeh saat syukuran di rumahnya Jalan Pacar E/96 Pondok Teratai Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto.

Menurutnya, Tegar setiap selalu bermain bola. Tegar kecil bermain bola di gang perumahan. 

"Saya sampai sungkan mas sama tetangga, di atap tetangga banyak bola," kenang Sholeh. 

Saat usia 5 tahun Sholeh mengajak Tegar kecil jalan-jalan ke GOR A. Yani di Kota Mojokerto. Kemudian ia tertarik mengikuti SSB yang bermarkas tak jauh dari kediamannya. 

"Saat itu, ia masih TK, kami bawa jalan-jalan, akhirnya ia mau untuk ikut di SSB di sana," ungkap Sholeh. 

Sejak saat itu ia rajin berlatih setiap hari, diusianya masih belia, Tegar berhasil masuk squad U12 Persebaya junior. 

Menginjak berstatus siswa SMPN 2 Kota Mojokerto, Tegar sudah memperkuat squad SMP 2 Kota Mojokerto di berbagai ajang. Seperti Gala Siswa Indonesia (GSI) di Bandung Jawa Barat dan Unesa Cup di Surabaya. 

"Saat berlaga di GSI Tegar mendapatkan penghargaan gelandang terbaik dan di Unesa cup mendapat juara 1," tuturnya.

Sholeh mengungkapkan Tegar kecil, memiliki tubuh kecil. Banyak tetangganha tidak menyangka akan tumbuh tinggi. Saat ini pemain yang memperkuat Borneo FC U16 memiliki  tinggi badan 175 cm. 

"Saat TK dan SD, tubuh Tegar kecil, banyak tidak menyangka akan setinggi sekarang," terang Sholeh. 

Di tempat yang sama, siswa kelas 2 Taman Siswa kota Mojokerto ini mengaku bercita-cita menjadi pemain sepak bola sejak kecil. Di Indonesia putra kedua pasangan Aiptu Muhammad Sholeh dan Evi Astri mengidolakan Bima Sakti. 

"Kalau klub saya suka real Madrid dan pemain luar Luca modric," ucap Tegar. 

Selama memperkuat squad Timnas u16 ia harus bekerja keras menunjukkan yang terbaik agar mendapatkan perhatian pelatih. Pasalnya, persaingan di skuad Garuda Asia dalam turnamen Piala AFF U-16 2022.

"Mereka bagus-bagus semau, yang penting kami menampilkan yang terbaik, berusaha yang terbaik dan bertanggung jawab atas amanah yang diberikan," imbuhnya.

Cerita Guru Olahraga Tegar Saat di SMP 2 Kota Mojokerto

Guru Olahraga SMPN 2 Kota Mojokerto, Oni Harmiono


Guru Olahrag SMPN 2 Kota Mojokerto, Oni Harmiono menyapaikan, sosok Tegar ini dikenal sudah memiliki bakat sejak masuk di SMPN 2 Kota Mojokerto.

"Bakatnya sudah kelihatan di Kelompok Usia (KU) 12, dia masuk SMPN 2 Mojokerto melalui jalur prestasi," ujar Oni saat ditemui di sekolah asal Tegar, saat dikonfirmasi oleh jurnalis suarajatimpost.com.

Menurutnya, Tegar merupakan siswa yang tidak mudah putus asa. Memiliki leadership yang bagus dan skill yang baik. 

"Anak ini selain postur tubuh yang bagus, juga memiliki ettitude yang baik," tutunya. 

Menurut Oni, Tegar bersama tiga siswa lain dibawa oleh pemandu bakat ke Jawa Timur. Disanalah Tegar terus dipantau dan berhasil masuk squad Garuda Muda. 

"Tegar dibawa pemandu bakat waktu itu Coach Hanafik. Ia bersama Nabil dan Ariya penjaga gawang mengikuti seleksi timnas U-16 dan Tegar berhasil lolos," ucapnya. 

SMP 2 Kota Mojokerto sendiri memiliki  kelas khusus minat dan bakat olahraga. Dalam kelas ini setidaknya ada 20 siswa dengan bakat olahraga yang berbeda. 

"Kami mengkelompokan siswa-siswi yang memiliki bakat di olahraga, memang cabor sepakbola paling banyak diminati," ucap Oni. 

Selain berlatih di SSBnya, Tegar juga ditempa dengan porsi latihan di sekolah. Di SMPN 2 Kota Mojokerto, Tegar berlatih 3 kali dalam seminggu. 

"Tegar kami beri porsi latihan 3 kali dalam seminggu. Setiap latihan 2 jam, dari jam 07.00-09.00," jelas Oni. 

Sejak berstatus siswa SMPN 2 Kota Mojokerto, Tegar sudah memperkuat squad SMP 2 Kota Mojokerto di berbagai ajang. Seperti Gala Siswa Indonesia (GSI) di Bandung Jawa Barat dan Unesa Cup di Surabaya. 

"Waktu di GSI Tegar mendapatkan penghargaan gelandang terbaik dan di Unesa cup mendapat juara 1," imbuhnya. 

Senada dengan Oni, wali kelas Tegar, Edi Prayitno mewanti-wanti mantan siswanya agar selalu membawa nilai-nilai agama. Ia berharap dalam menempuh karir harus diimbangi dengan dengan akhlakul karimah. 

"Saya berharap Tegar tetap rendah hati, menjalankan ajaran agama yang diajarkan di sekolah ini," ungkap Edi yang sekaligus guru agama di SMPN 2 Kota Mojokerto. 

Di squad timnas Indonesia U-16 Tegar dipercaya sebagai gelandang. 

Squad Garuda Muda U 16 berhasil menaklukkan  Singapura U-16 dengan skor 2-0. Dilaga kedua timnas asuhan coah Bima Sakti ini melumat timnas Philipina U-16 dengan skor telak 0-9. 
Dilaga penentuan Tegar dan kawan-kawan berhasil melibas timnas Vietnam U-16 dengan skor 2-1.

Dengan torehan tersebut, Timnas U-16 menduduki puncak klasemen grup A dan otomatis lolos ke semifinal. 

Dapat Perhatian dari Wakil Bupati (Wabup) Mojokerto, Gus Barra

Wabup Mojokerto, Gus Barra bersama gelandang Timnas Indonesia U16, Tegar

Sosok Tegar yang menjadi gelandang Timnas Indonesia U16 ini juga mendapat perhatian dari Wakil Bupati (Wabup) Mojokerto, Dr Muhammad Albarra.

Terbukti, Wabup Mojokerto yang akrab disapa Gus Barra tersebut datang secara khusus ke rumah kedian Tegar, Sabtu (20/8/2022) malam, sekitar pukul 21.30 WIB.

Kedatangan Gus Barra ini untuk secara langsung memberikan ucapan selamat serta reward kepada Tegar. Gus Barra juga memberi motivasi kepada Tegar, agar selalu rendah hati dan terus semangat berlatih dalam meraih prestasi yang lebih tinggi lagi.

"Kita harus bangga, karena Narendra Tegar Islami sebagai putra daerah Kabupaten Mojokerto, adalah bagian dari Tim Skuad Timnas 16 yang menjuarai Piala AFF Tahun 2022. Kita memberikan penghargaan tertinggi kepada Mas Tegar yang telah mengharumkan nama bangsa. Teruslah berprestasi dan tertiblah selalu dalam beribadah serta selalu menghormati orang tua, dan rendah hati," ungkap Gus Barra, Sabtu Malam (20/8/2022).

Sementara itu, Tegar mengucapkan terima kasih kepada Wabup Gus Barra atas kedatangannya. Dia berjanji akan terus bekerja keras untuk mengharumkan nama bangsa dan negara di kancah event event Internasional.

"Terima kasih kepada Bapak Wabup Gus Barra yang datang dirumah saya malam malam ini, selain itu juga saya sangat berterima kasih kepada bapak dan ibu saya, sehingga saya bisa seperti sekarang ini, dapat ikut di AFF dan bisa juara AFF U16 2022 ini," kata Tegar.

Narendra Tegar Islami berasal dari Mojokerjo. Kemampuannya dalam mengolah si kulit bundar tak perlu diragukan lagi karena merupakan salah satu pemain Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2022. Remaja yang lahir pada 2006 ini, merupakan anak dari pasangan Aiptu Muhammad Soleh dan Evi Astri.(ris)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Kenal Bola Sejak Usia 2 Tahun, Begini Kisah Putra Polisi Gelandang Timnas U16 Asal Mojokerto

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT