Senin, 27 Juni 2022
Olahraga

Perdana Digelar, Puluhan Atlet Semarak Ikuti Event Olahraga Nasional 'Banyuwangi Triathlon'

profile
Ikhwan

30 Mei 2022 15:56

360 dilihat
Perdana Digelar, Puluhan Atlet Semarak Ikuti Event Olahraga Nasional 'Banyuwangi Triathlon'
Para atlet saat tengah mengikuti event Banyuwangi Triatlon, Minggu (29/5/2022).

BANYUWANGI - Puluhan atlet ikut mensukseskan perhelatan event Banyuwangi Triathlon. 

Event yang berlangsung pada 28 sampai 29 Mei 2022 itu perdana digelar di Gunung Menyan, Kalibaru, Banyuwangi.

Banyuwangi Thriatlon merupakan sebuah ajang kejuaraan yang menggabungkan 3 cabang olahraga yaitu bersepeda (bike), mendaki (hike), dan paralayang (fly). 

Adanya Banyuwangi Triathlon menambah spot olahraga bergengsi yang dimiliki kabupaten yang berada di ujung timur pulau Jawa ini.

Event olahraga ini digelar oleh Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Kabupaten Banyuwangi. Dukungan penuh diberikan TNI AU Lanud Abdulrachman Saleh Malang yang turut dihadiri langsung oleh Kolonel Tek Chaeruman, selaku Kadispotdirga Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan ini diawali dengan uji coba para atlet pada hari pertama Sabtu (28/05/2022) dengan dimeriahkan juga oleh olahraga dirgantara, gantole dan paramotor di Gunung Menyan, Kalibaru. 

Ketua FASI Zidni Ilman Nafi’a mengatakan pada event perdana tersebut diikuti sebanyak 36 peserta terdiri dari 27 putra dan 9 putri dari berbagai daerah di Indonesia.

Diantaranya berasal dari Jakarta, Magelang, Purbalingga, Jogjakarta, Malang, Probolinggo dan Bali, serta atlet daerah Banyuwangi. 

Puluhan peserta tersebut memperebutkan trophy kejuaraan 'Banyuwangi Triathlon', medali dan uang pembinaan total sebesar Rp 20 juta.

"Alhamdulillah kami selaku pengurus FASI mendapat kehormatan dengan dipercayakannya event nasional ini digelar di Kabupaten Banyuwangi. Semoga dengan event tingkat nasional ini, akan memunculkan atlet-atlet berbakat yang kedepannya bisa membawa nama baik dan mengharumkan Kabupaten Banyuwangi tercinta ini," kata Ketua FASI Zidni Ilman Nafi’a, Minggu (29/05/2022).

Perlombaan ini selesai pada sore kemarin. Pemenang kategori putri yakni Wadiana atlet asal Denpasar Bali. Diurutan ke dua ada Rika Wijayanti asal Malang. Sementara urutan ke tiga ada Widiyana Riamurti asal Sukoharjo, Jawa Tengah.

Sementara kategori putra juara pertama ditempati oleh Krisdiantono, asal Semarang Jawa Tengah, selanjutnya diurutan ke dua Jafro Megawanto asal Malang, ke tiga ada Ilham Ewayudha asal Jombang.

Selanjutnya kategori last man standing dimenangkan oleh Punoki Purwanto atlet asal Jakarta.

Sementara itu, Kolonel Tek. Chaeruman berharap adanya dukungan semua stake holder untuk dapat mengembangkan olahraga tersebut. 

Dikarenakan masuk kategori olahraga ekstrim, ia pun mengimbau agar para atlet mengutamakan keselamatan.

"Prioritaskan keselamatan dan keamanan. Baik bagi para peserta lomba, pengunjung dan para tamu undangan sebagai tolok ukur suksesnya event bertaraf nasional ini," tegasnya.

Selain dilangsungkan kompetisi olahraga, di lokasi event, juga terdapat bazar UMKM dan hiburan live music. Supaya ekonomi masyarakat sekitar juga terbantu dengan adanya event Banyuwangi Triathlon.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Perdana Digelar, Puluhan Atlet Semarak Ikuti Event Olahraga Nasional 'Banyuwangi Triathlon'

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT