Rabu, 07 Desember 2022
Olahraga

Peringati Kemerdekaan, Warga Kepanjen Gerak Jalan Kreasi 

profile
Senopati

29 Agustus 2022 09:55

339 dilihat
Peringati Kemerdekaan, Warga Kepanjen Gerak Jalan Kreasi 
Salah satu kreasi gerak jalan Desa dan Kelurahan yang ada di Kecamatan Kepanjen Malang yang ditampilkan dalam memperingati hari Kemerdekaan RI ke 77

KABUPATEN MALANG - Gerak Jalan Kreasi memeringati Kemerdekaan RI ke-77 kembali digelar warga Kepanjen Kabupaten Malang, warga dan pemuda tiap desa/l dan kelurahan berbaur saling menampilkan atraksi kreatifnya. 

Acara gerak jalan ini, diikuti 18 kontingen, terdiri dari 2-4 peserta tiap desa/kelurahan di Kepanjen. Dari lapangan Penarukan, parade baris-berbaris peserta menghibur warga yang menonton di pinggir jalan protokol yang dilewati. 

Kontingen peserta gerak jalan ini bergerak dan melanjutkan atraksi yel-yel yang dipusatkan di lapangan parkir Stadion Kanjuruhan. Di depan panggung kehormatan, setiap kelompok peserta menampilkan kreasi selama 10 menit. 

Peserta dari TP PKK Desa Mojosari misalnya, melakukan atraksi menyanyi dan yel-yel. Isinya tentang pesan dan kesan melaksanakan kegiatan yang biasa dilakukan di desanya. Atraksi yang dilakukan para ibu ini pun tampak begitu kompak dan semangat. 

Dalam atraksi yang ditampilkan, dilakukan formasi barisan, yel-yel, dan penghormatan kepada Camat dan jajaran muspika. Atraksi mereka juga dinilai tim juri sebanyak 2 orang. 

Penampilan lainnya, dari Kelurahan Cempokomulyo yang diperankan para pemudanya. Atraksi yang ditampilkan, kreasi tari yang terinspirasi dari budaya suku Dayak. 

"Tariannya kreasi dengan atribut orang Dayak. Kostum dan ornamennya sebagian kain bekas, juga serabut aren untuk mahkota kepala. Serabut ini juga biasa digunakan untuk sapu," kata Andi Purwanto, koordinator peserta dari RT 27 Kelurahan Cepokomulyo saat ditemui awak media, Minggu (28/8/2022).

Gerakan tarian yang ditampilkan menggabungkan budaya tradisional dengan moderen. Agar lebih menarik, lanjutnya, ditampilkan juga beberapa model cosplay di belakang barisan. 

Camat Kepanjen, Ikhwanul Muslimin mengungkapkan, antusiasme yang ditunjukkan semua peserta yang terlihat menunjukkan warga masyarakat punya semangat dan optimisme. 

"Setelah dua tahun pandemi, dari penampilan peserta menunjukkan masyarakat mampu memerangi Covid-19. Dan, masyarakat punya vitalitas dan kesehatan prima," kata Ikhwanul. 

Dari atraksi yang ditampilkan, kata Ikhwanul, juga terekspos kreativitas warga, dan tergali potensi kelebihan yang dimiliki. Terlebih, yang ditampilkan para pemudanya. 

Ichwanul mencontohkan, ada penampilan kreasi Roro Pangkon yang sebenarnya merupakan tradisi dan ritual doa untuk keselamatan, kebahagiaan dan kesehatan. 

Total peserta gerak jalan kreasi yang ditampilkan sejumlah 23 tim, dan kegiatan ini baru berakhir sekitar pukul 8 malam. 

Editor : Syahrul

Tags
Anda Sedang Membaca:

Peringati Kemerdekaan, Warga Kepanjen Gerak Jalan Kreasi 

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT