Selasa, 28 Juni 2022
Olahraga

World Surf League Championship Tour di Banyuwangi Resmi Berakhir, Berikut Nama Pemenangnya 

profile
Ikhwan

05 Juni 2022 16:04

388 dilihat
World Surf League Championship Tour di Banyuwangi Resmi Berakhir, Berikut Nama Pemenangnya 
Gelaran WSL di Banyuwangi berakhir. (SJP)

BANYUWANGI - Ajang World Surf League (WSL) Championship Tour Quiksilver Pro G-Land Banyuwangi 2022 resmi berakhir, Sabtu (4/6/2022) kemarin.

Peselancar asal Australia, Jack Robinson menjadi juara kategori pria dan peselancar Prancis, Johanne Defay sebagai pemenang lomba kategori perempuan.

"Terimakasih G-Land. Terimakasih semuanya yang telah membantu. Terimakasih kepada semua pihak," ungkap Jack saat penganugerahan juara.

Jack Robinson berhasil juara setelah meraih nilai 13.50 poin yang dikumpulkannya dari 5 kali percobaan dari 8 ombak yang terbentuk selama babak final. Ia unggul tipis dari pesaingnya, Filipe Toledo, yang mengumpulkan 13.16 poin. Ia berhasil menyalip pada menit-menit akhir.

"Ekspetasi saya tidak sejauh ini. Saya hanya berupaya untuk fokus. Kemudian saya akhirnya mendapatkan ombak yang cukup bagus," ungkap Jack.

Sementara itu, untuk nomor perempuan WSL Championship Tour Quiksilver Pro G-Land dimenangkan oleh peselancar Prancis, Johanne Defay. Defay, meraih juara setelah mengalahkan Carissa Moore, peselancar asal Hawai.

Atlet dengan peringkat ketiga pada rangkaian WSL Championship Tour ini mengakui jika G-Land merupakan salah satu pantai dengan ombak terbaik yang pernah dijajalnya. Dirinya berharap bisa datang lagi dan kembali menantang ombak terbesar kedua dunia ini. 

"Ombak di G-Land benar-benar luar biasa. Semua peselancar benar-benar menunggu ombak bagusnya G-Land," ungkap atlit kelahiran 1993 itu.

"Saya tidak tahu kapan bisa kembali lagi ke G-Land ini dan merasakan sensasi ombak seperti ini. Orang-orang disini dan segala sesuatu di sini (Banyuwangi) sangat nyaman dan membuat semua orang bahagia tentunya," tambah Defay.

Hampir semua peselancar dunia yang mengikuti ajang Championship Tour di G-Land kali ini merasa puas dengan penyelenggaraannya hingga kualitas ombaknya. Hal ini sebagaimana diakui oleh Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PB PSOI) Tipi Jabrik.

"Mereka berharap bisa berlaga lagi di sini tahun depan. Semoga saja nanti G-Land bisa dijadwalkan untuk menjadi tempat Championship Tour tahun depan," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengaku senang dengan suksesnya penyelenggaraan WSL di G-Land kali ini. Ia berharap ini akan menjadi kampanye positif untuk pariwisata Banyuwangi di kancah global.

"Semoga ini bisa memberikan dampak positif bagi pengembangan sport tourism di Banyuwangi. Tentunya, juga bisa mengungkit ekonomi lokal," harap Ipuk.

Lebih jauh, Ipuk juga bakal menjadikan momentum WSL ini, untuk kembali menggenjot event-event berskala internasional di Banyuwangi. "Ini bakal jadi momentum untuk menggelar event berskala internasional yang selama pandemi kemarin sempat terhenti," pungkasnya. (*)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

World Surf League Championship Tour di Banyuwangi Resmi Berakhir, Berikut Nama Pemenangnya 

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT