Rabu, 30 November 2022
Pemerintahan

2 Senjata Andalan Pemkab untuk Tekan Angka Kemiskinan di Banyuwangi 

profile
Ikhwan

06 November 2022 07:36

530 dilihat
2 Senjata Andalan Pemkab untuk Tekan Angka Kemiskinan di Banyuwangi 
Bupati Banyuwangi, Hj Ipuk Fiestiandani SPd. (SJP)

KABUPATEN BANYUWANGI - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi memiliki target besar menurunkan angka kemiskinan di wilayah setempat. 

Sebagai upayanya pemkab pun meluncurkan sejumlah program untuk mendompleng peningkatan pendapatan masyarakat. 

Bupati Banyuwangi, Hj Ipuk Fiestiandani SPd mengatakan, ada dua program sakti yang diharapkan dapat mewujudkan target besar tersebut. Diantaranya program 'Kanggo Riko' dan program 'UMKM Naik Kelas'. 

Kanggo Riko adalah program Kanggo Riko, sebuah program yang menggunakan alokasi dana desa (ADD) khusus yang bersumber dari APBD Banyuwangi. 

Fokus dari program ini yakni mendorong Rumah Tangga Miskin (RTM) untuk mandiri dalam ekonomi.

Sehingga dalam program ini pemkab memberi bantuan peralatan usaha. Total sudah ada ribuan warga yang menerima manfaat program ini. 

"Selain bansos yang diberikan oleh pemerintah pusat, program ini menjadi tambahan amunisi, bersifat pemberdayaan agar masyarakat mandiri secara ekonomi melalui usaha," kata Ipuk. 

Selain Kanggo Riko, salah satu program unggulan Banyuwangi adalah UMKM Naik Kelas. Program ini bertujuan untuk melakukan akselarasi ekonomi bagi pelaku usaha agar tetap sustanable pasca drop selama pandemi Covid-19. 

Dalam program ini, Pemkab membantu pelaku usaha untuk upgrade ke sistem digital. Baik secara pemasaran maupun sistem pembayarannya.  

Pemkab Banyuwangi juga terus memfasilitasi penerbitan sertitikat izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) bagi para pelaku usaha mikro.  

Tahun lalu sebanyak 650 pelaku UMKM olahan pangan telah memanfaatkan program tersebut dan kini terus berlanjut. Tahun ini ditargetkan ribuan UMKM mendapatkannya. 

"Dengan program-program tersebut kami berharap dapat meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat, sehingga angka kemiskinan bisa ditekan," tegasnya. (Ikhwan)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

2 Senjata Andalan Pemkab untuk Tekan Angka Kemiskinan di Banyuwangi 

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT