Minggu, 22 Mei 2022
Pemerintahan

435 Usulan Pemkot Batu di Musrenbang Kota, Ini Rencana Anggarannya

profile
Doi

31 Maret 2022 10:41

338 dilihat
435 Usulan Pemkot Batu di Musrenbang Kota, Ini Rencana Anggarannya
Musrenbang kota, Pemkot Batu usung 435 usulan. (Suara Jatim Post)

KOTA BATU – menggunakan RPJMD Transisi atau disebut RPD 2023-2026.  Kota Batu mendapatkan 435 usulan dengan rencana anggaran 116.492.215.253 dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 3 kecamatan.

Sekretaris Bapelitbangda Kota Batu, Sopa Ike Paci, menjelaskan bahwa tema dan prioritas pembangunan tahun 2023 ada 5. 

"Pertama, meningkatan kualitas SDM yang berdaya saing melalui pembangunan akses dan mutu pelayanan kesehatan, pendidikan dan life skill," katanya.

Kedua, akselerasi pertumbuhan dan pemerataan ekonomi daerah, kemudian peningkatan daya saing dan pembangunan wilayah melalui penguatan interkonektivitas pembangunan infrastruktur.

"Untuk point empat dan lima adalah peningkatan ketahanan sosial dan pembangunan kebudayaan. Pemantapan tata kelola pemerintah dan pelayanan publik," tegas dia.

Sebelumnya, Kepala Bakorwil Pamekasan Ir. Gunawan Saleh, yang mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga menjelaskan Arah kebijakan Pembangunan Provinsi Jawa Timur serta keselarasannya dengan arah kebijakan Nasional. 

Pada tahun 2023, sesuai RPJMD 2019-2024 Jatim, Provinsi Jawa Timur fokus pada peningkatan dan pemerataan kualitas SDM untuk mendukung daya saing daerah dalam menyambut era industri perdagangan dan jasa berbasis agro guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ditempat yang sama, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, memberi arahan sekaligus menutup kegiatan  Musrenbang dan  Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Batu Tahun 2023, yang diselenggarakan secara teleconference dan secara langsung di Ruang Rapat Utama Balaikota Among Tani Kota Batu, Rabu 30 Maret 2022.

Dewanti Rumpoko, dalam arahannya menjelaskan pentingnya Musrenbang untuk memenuhi usulan yang telah disepakati, menyelaraskan dengan arah pembangunan daerah Provinsi Jatim dan Nasional, serta memenuhi target pembangunan.

Politisi PDI Perjuangan itu juga mengajak seluruh pihak dan masyarakat untuk guyub, rukun dan bekerja sama untuk mewujudkan RKPD 2023.

“Semoga musrenbang dapat memberikan manfaat terutama dalam mewujudkan perencanaan pembangunan yang berkualitas, transparan, dan partisipatif guna mewujudkan Kota Batu yang sejahtera dan berdaya,” harap Dewanti.

Musrenbang diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Penyelenggaraan Musrenbang Kota Batu tahun 2022 untuk RKPD tahun 2023.

Selanjutnya, agenda tahapan pasca musrenbang adalah dengan mendaftar prioritas program/kegiatan setiap perangkat daerah, finalisasi pembahasan serta disepakatinya kesepahaman tentang konsistensi dan sinergitas, pengendalian serta pengawasan terhadap pelaksanaan RKPD tahun 2023.

Turut hadir secara langsung dan daring dalam Musrenbang ini, Ketua DPRD Kota Batu Asmadi SP, Ketua APEL Wiweko, Forkompinda Kota Batu, Rektor perguruan tinggi di Malang Raya dan yang mewakili, Staf Ahli, Asisten, pimpinan OPD , Pimpinan instansi vertikal, Kepala Desa, Lurah, PHRI, Ormas keagamaan, pemuda dan LSM Kota Batu, TP PKK Kota Batu, serta para undangan. (Doi Nuri)

Tags
Anda Sedang Membaca:

435 Usulan Pemkot Batu di Musrenbang Kota, Ini Rencana Anggarannya

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT