Senin, 28 November 2022
Pemerintahan

Ada Larangan Bupati Lumajang, Pertambangan Pasir di Tempursari Tidak Diperbolehkan

profile
Achmad

25 September 2022 15:01

558 dilihat
Ada Larangan Bupati Lumajang, Pertambangan Pasir di Tempursari Tidak Diperbolehkan
Bupati Lumajang saat meresmikan jalan di Desa Tempursari. (SJP)

LUMAJANG – Usai pembangunan jalan yang rusak di wilayah Kecamatan Tempursari, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq tegaskan untuk wilayah Kecamatan Tempursari tidak diperbolehkan menjadi area pertambangan pasir.

Larangan itu disampaikannya, saat berdialog dengan warga Kecamatan Tempursari, yang dimaksudkan agar tidak ada truk muatan pasir yang berpotensi merusak jalan yang baru saja selesai dibangun.

"Saya tegaskan tidak ada pertambangan pasir di Tempursari, saya gak mau jalan yang sudah dibangun itu rusak, jalan itu harus tetap baik," tegas Bupati yang akrab disapa Cak Thoriq tersebut.

Jika warga yang butuh pasir, kata Bupati diperbolehkan untuk mengambil pasir dengan catatan harus menggunakan mobil pick up dan hanya untuk kebutuhan warga bukan untuk usaha pertambangan pasir.

"Boleh ambil pasir pakai pick up, untuk kebutuhan masyarakat boleh. Kalau untuk usaha pertambangan pasir tidak ada," imbuhnya.

Cak Thoriq juga menegaskan bahwa armada pertambangan pasir harus memiliki jalan khusus sehingga tidak merusak jalan yang digunakan oleh masyarakat umum.

"Saya inginnya truk pasir harus punya jalan sendiri untuk akses jalan tambang yang langsung ke jalan nasional supaya jalan yang dibangun tidak rusak lagi, ini masih ditata, tahapannya sudah kami lakukan," papar politisi PKB ini.

Sejumlah warga Desa Bulurejo, Desa Tempurejo dan Desa Purworejo, Kecamatan Tempursari, langsung menggelar tasyakuran atas rampungnya pembangunan jalan di seluruh wilayah Kecamatan Tempursari.

Dari pantauan awak media, sejumlah jalan di Kecamatan Tempursari sudah diperbaiki, kecuali jalan Desa Kaliuling. Namun dikatakan Bupati Lumajang, dipastikan jalan  di Desa Kaliuling dalam proses pembangunan.

Pembangunan jalan kabupaten di wilayah Kecamatan Tempursari itu, merupakan tindak lanjut dari keluhan masyarakat yang mengadukan kerusakan jalan yang belum mendapatkan perbaikan sejak puluhan tahun lalu.

Sementara Kepala Desa (Kades) Purworejo, Rohman Hadi menyampaikan terima kasih atas pembangunan jalan yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang di seluruh jalan kabupaten di wilayah Kecamatan Tempursari. Ia pun berharap jalan yang sudah dibangun tersebut dapat dinikmati masyarakat sekaligus dirawat bersama.

"Kami berharap jalan kita ini kita nikmati dan jangan sampai rusak lagi, kami sangat berbahagia, ini baru kita nikmati jalan sebagus ini pada saat jaman Cak Thoriq menjabat," ujarnya kepada media ini, Sabtu 24 September 2022.

Selain itu, Nur Kholis salah satu warga Desa Tempurejo mengaku senang dengan perbaikan jalan yang hampir 50 tahun tersebut tidak tersentuh program pembangunan maupun perbaikan. Dirinya bersama warga yang lain berkomitmen untuk menjaga jalan tersebut.

"Saya mewakili masyarakat se Kecamatan Tempursari ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Sepanjang perjalanan yang saya tahu, belum pernah ada pembangunan jalan. Alhamdulillah ini sudah terbangun jalan, mudah-mudahan jalan ini bisa dirawat bersama untuk kebaikan bersama," pungkasnya. (Fuad)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Ada Larangan Bupati Lumajang, Pertambangan Pasir di Tempursari Tidak Diperbolehkan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT