Senin, 28 November 2022
Pemerintahan

Ajarkan Kemandirian, Puluhan Warga Banyuwangi Diberi Bantuan Alat Usaha dari Kemensos

profile
Ikhwan

16 November 2022 16:42

689 dilihat
Ajarkan Kemandirian, Puluhan Warga Banyuwangi Diberi Bantuan Alat Usaha dari Kemensos
pelatihan dan bantuan alat usaha dari Kementrian Sosial. (SJP)

KABUPATEN BANYUWANGI – Sejumlah masyarakat di kawasan pelosok selatan Banyuwangi mendapat pelatihan dan bantuan alat usaha dari Kementrian Sosial (Kemensos). 

Mereka adalah 30 warga di Desa Kandangan dan Desa Sarongan Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.

Penyaluran alat usaha ini berlangsung di Desa Sarongan, Senin 15 November 2022 lalu, dan dihadiri oleh Perwakilan Kemensos dari Balai Diklat Kesejahteraan Sosial Jogjakarta, Heriyanto dan Suramto.

Pun juga dihadiri oleh Kadinsos PPKB, Banyuwangi Henik Setyorini dan sejumlah pendamping PKH.

Analisis Pengelola Kuangan APBN, Balai Diklat Kesejahteraan Sosial Jogjakarta, Heriyanto mengatakan alat yang diberikan berupa beberapa item alat memasak yang bila ditotal mencapai Rp 2 jutaan.

Tujuannya untuk menunjang produksi olahan buah naga yang baru-baru ini ditekuni oleh masyarakat.

"Sebelum diberikan alat, mereka terlebih dulu diberi pelatihan dari Balai Diklat Jogjakarta sebagai mitra Kemensos. Alat-alat ini ini menjadi saran penunjang usahanya," kata Heriyanto. Rabu (16/11/2022).

Hasil evaluasi, lanjut Heri, masyarakat mengaku terbantu dengan bantuan alat ini. Proses dirasa menjadi lebih cepat. Bahkan dari mereka sudah ada yang menerima pesanan dari luar kota.

"Ada beberapa yang sudah menerima pesanan dari jambi dan kalimantan. Yang masih menjadi PR sebagian masih bingung pemasaran. Tapi tidak perlu khawatir, karena mereka akan terus mendapat pendampingan," ujarnya.

Pada prinsipnya, kata Heri, pemberian alat bertujuan untuk mendorong masyarakat mandiri dan tidak lagi bergantung pada bantuan pemerintah. 

"Ketika sudah mandiri, artinya bantuan bisa dialihkan untuk warga lain yang memang membutuhkan," pungkasnya.

Terpisah Kadinsos PPKB Banyuwangi, Henik Setyorini mengatakan Kandangan dan Sarongan adalah salah satu desa yang berada di kawasan paling ujung Banyuwangi. Juga dikenal sebagai penghasil buah naga terbesar.

"Pelatihan menjadi opsi tambahan. Jadi buah naga tidak hanya dijual buah-buahnya saja. Tapi ini alternatif disaat harga turun buah naga bisa dijual dalam olahan lain," kata Henik.

Henik mengaku optimis. Adanya bantuan tersebut secara perlahan akan mendongkrak perekonomian masyarakat Kandangan dan Sarongan.

"Adanya pelatihan dan bantuan semacam ini akan memberi dampak. Masyarakat diajak kreatif dalam memanfaatkan potensi lokal daerahnya," ujar Henik.

Henik menyebut mereka yang mendapat bantuan adalah masyarakat yang terdaftar sebagai penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dan BPNT yang masih usia produktif.

"Diharapkan dengan adanya bantuan ini dapat mendorong kemandirian masyarakat lewat sektor usaha. Biar bisa ada tambahan penghasilan utk keluarga terus mentas kemiskininan," tegasnya. (Ikhwan)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Ajarkan Kemandirian, Puluhan Warga Banyuwangi Diberi Bantuan Alat Usaha dari Kemensos

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT