Selasa, 24 Mei 2022
Pemerintahan

Aturan Dilonggarkan, Tren Keberangkatan PMI di Banyuwangi Meningkat 

profile
Ikhwan

09 Mei 2022 19:35

445 dilihat
Aturan Dilonggarkan, Tren Keberangkatan PMI di Banyuwangi Meningkat 
Kepala BP2MI menyatakan keberangkatan PMI meningkat setelah aturan longgar. (SJP)

BANYUWANGI - Penurunan tren kasus Covid-19 di hampir seluruh penjuru dunia membawa imbas positif, berdampak pada longgarnya aturan.

Berbagai negara tujuan penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) saat ini mulai membuka diri. Alhasil keberangkatan PMI saat ini pun mengalami peningkatan. 

Dari data Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) tercatat hingga awal Mei tahun 2022 ini total sudah mencapai 1000 lebih PMI asal Banyuwangi yang berangkat menuju negara penempatan. 

Tren keberangkatan mengalami kenaikan yang cukup signifikan pasca lebaran Idul Fitri.

Dibanding tahun lalu di bulan yang sama, di Banyuwangi hanya 900 an PMI yang berangkat menuju negara penempatan.

"Di tahun 2021 hingga akhir Mei total ada 900 sedangkan saat ini baru menginjak awal bulan Mei sudah mencapai 1.060. Saat ini menunjukkan tren peningkatan," kata Kepala BP2MI Banyuwangi Muhammad Iqbal, Senin (9/5/2022).

Saat ini, kata Iqbal berbagai negara penempatan sudah mulai terbuka dalam menerima pekerja asing. Terbaru adalah Malaysia, pasca lebaran ini yang membuka akses.

"Negara tujuan yang paling diminati adalah Taiwan, Singapura dan Malaysia. Terbaru Malaysia sudah menerima kembali," ujarnya.

Kendati saat ini banyak kelonggaran aturan,  namun Iqbal menyebut kondisi ini belum bisa dikatakan normal. Ancaman varian baru Covid-19 masih menjadi momok yang diwaspadai oleh masyarakat Global.

Kendati demikian, Iqbal tetap optimis bila saat ini menjadi momentum titik balik yang akan sedikit memberikan jalan mulus untuk warga yang hendak bekerja di luar negeri.

"Dikatakan normal 100 persen itu masih belum, namun dirasa sudah ada rasa aman dari negara penempatan sehingga bisa kembali menerima PMI. Bila kondisi ini terus stabil tidak dipungkiri akan banyak memberikan kemudahan bagi PMI," tandasnya. (Ikhwan)

Editor: Doi Nuri

Tags
Anda Sedang Membaca:

Aturan Dilonggarkan, Tren Keberangkatan PMI di Banyuwangi Meningkat 

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT