Rabu, 17 Agustus 2022
Pemerintahan

Begini Penjelasan Wabup Malang Perihal Banyaknya OPD Yang Absen dan Diwakilkan Pada Rapat Paripurna 

profile
Senopati

27 Juni 2022 22:00

406 dilihat
Begini Penjelasan Wabup Malang Perihal Banyaknya OPD Yang Absen dan Diwakilkan Pada Rapat Paripurna 
Dua baris kursi kosong yang s harusnya ditempati Kepala OPD dan terisi penuh namun pada Rapat Paripurna kali ini kursi kosong tidak terisi. (SJP)

KABUPATEN MALANG – Rapat Paripurna pembahasan Kinerja dan laporan pertanggung-jawaban Bupati Malang tahun 2021, banyak Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Malang tidak hadir alias absen.

Permasalahan tersebut menuai kritik dari Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto selaku bagian dari pengawasan OPD.

Menurut Wabup Malang, karena rapat Paripurna merupakan pertanggung jawaban dari kinerja dan APBD tahun 2021 yang merupakan tanggung jawab Bupati Malang dakam melaksanakan tugas semuanya.

"Maka tugas saya selaku pengawas, maka yang tidak hadir di rapat Paripurna tadi tidak boleh begitu, dan itu menjadi cacatan saya selaku Wakil Bupati maupun pengawas kinerja OPD di Pemkab Malang," kata Didik Gatot Subroto, usai rapat Paripurna, Senin sore (27/6)2022).

Wabup Malang melanjutkan, karena ini merupakan pertanggung jawaban, maka ini bisa dilakukan secara keseluruhan oleh OPD, jadi permasalahan banyaknya OPD yang absen tidak terulang kembali.

"Kalau memang Kepala OPD ada tugas yang tidak bisa diwakilkan ya monggo, semua kejadian tadi menjadi catatan kami, sehingga permasalahan tadi tidak terulang kembali," imbuh Didik Gatot Subroto.

Karena Wabup Malang hanya sebagai pengawas yang tugasnya memberikan masukan pada Bupati, untuk tindakan dan sanksi itu kewenangan Bupati.

"Terkait tindakan atau apapun itu urusannya Pak Bupati, kalau saya ikut campur nanti saya melebihi kewenangan, tapi saya akan tetap melaporkan permasalahan ini ke Bupati, bahkan saat rapat Paripurna berakhir saya akan meminta absen siapa yang tidak hadir atau diwakilkan," pungkas Didik Gatot Subroto dengan raut wajah kecewa.

Dari pantauan suarajatimpost.con didalam ruang utama rapat Paripurna, banyak kursi kosong yang seharusnya diisi OPD, pada rapat Paripurna Pertanggungjawaban APBD dan kinerja tahun 2921, Bupati Malang berhalangan hadir karena ada tugas luar kota, jadi rapat Paripurna diwakilkan pada Wabup Malang. (Nes)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Begini Penjelasan Wabup Malang Perihal Banyaknya OPD Yang Absen dan Diwakilkan Pada Rapat Paripurna 

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT