Jumat, 03 Februari 2023
Pemerintahan

Begini Pesan Bupati Malang Usai Lantik Dan Sumpah Jabatan Pejabat Tinggi Pratama, Administrator Dan Pejabat Fungsional

profile
Senopati

31 Desember 2022 20:34

584 dilihat
Begini Pesan Bupati Malang Usai Lantik Dan Sumpah Jabatan Pejabat Tinggi Pratama, Administrator Dan Pejabat Fungsional
Suwadji yang menempati Jabatan baru sebagai Kepala Dinas Pendidikan saat membacakan Pakta Integritas di hadapan Bupati Malang HM Sanusi. (SJP)

KABUPATEN MALANG – Menjelang pergantian tahun, Bupati Malang H M Sanusi kembali melakukan rotasi, mutasi dan promosi jabatan.

Rotasi tersebut, pada posisi pejabat tinggi pratama, administrator dan pejabat fungsional di lingkungan pemerintah kabupaten Malang.

Ada beberapa pejabat esselon dua dan Camat yang mengalami pergeseran posisi jabatan.

Menurut Sanusi, pelantikan jabatan di lingkungan Pemkab Malang merupakan prosedur rutin dalam rangka menejemen birokrasi sebagai bentuk legalitas penugasan.

"Pelantikan ini  merupakan tugas pokok dan fungsi bagi pejabat yang mengalami promosi atau mutasi jabatan sehingga dan selanjutkan melakukan adaptasi sekaligus melakukan akselarasi pada aspek administrasi dan pelayanan publik," kata Bupati Malang di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Sabtu sore (31/12/2022).

Promosi dan mutasi jabatan ini merupakan penilaian yang komprehensif yang dilakukan tim penilai kinerja Pemkab Malang yang diketuai Sekretaris Daerah.

"Jadi mutasi maupun promosi jabatan yang dilakukan hari ini semua dilakukan dalam proses tim penilai kinerja yang terdiri 5 orang dengan ketuanya Pak Sekda, dan yang terutama penugasan ini merupakan kepercayaan dari Pemkab Malang yang intinya membantu kinerja Bupati," jelas Abah Sanusi.

Bupati Malang melanjutkan, dalam proses ini (promosi dan mutasi), pihaknya menyerahkan sepenuhnya pada tim penilai kinerja.

"Jadi dalam hal ini saya sebagai Bupati dan Pak Didik sebagai Wakil Bupati tidak bisa berbuat apa apa, kami hanya di tingkat kebijakan dan perencanaan, untuk proses pelaksanaan semuanya di tingkat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan di tingkat Sekda," beber orang nomor satu di Kabupaten Malang ini.

Dalam pengawasan kinerja SKPD, Wakil Bupati Malang memiliki tugas sebagai pengawas agar dalam pelaksanaannya sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

"Nanti Pak Wabup Malang yang akan mengawasi SKPD kinerjanya supaya sesuai dengan RPJMD dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang ada di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD)," terang Abah Sanusi.

Para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada dilingkungan Pemkab Malang dalam kinerjanya akan diawasi rekam jejak dan yang menilai dari Badan Kepegawaian Daerah dan Sumber Daya Manusia (BKD SDM).

"Secara kepegawaian rekam jejak para ASN sudah ada yang menilai rekam jejaknya yakni BKDSDM yang di pimpin oleh Pak Nurman, namun secara teknis penilaian kinerja ada Pak Sekda dan Kepala Dinasnya," pungkas Bupati Malang H.M Sanusi.

Pejabat esselon II yang ada mengalami mutasi dan rotasi jabatan, Suwadji yang sebelumnya sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat dimutasi menjadi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang.

Pancaningsih Sri Redjeki sebelumnya Kepala Dinas Koperasi bergeser menjadi Kepala Dinas Sosial.

Kadis Sosial Abdul Haris dimutasi menjadi Kadis Perpustakaan dan Kearsipan.

M Hidayat jabatan lama Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan menjadi Kepala Dinas Koperasi.

Rahmat Hardijono yang sebelumnya Kadis Pendidikan bergeser menjadi Asisten Pemerintahan dan Kesra.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Atsalis Supriyanto menjadi Staff Ahli bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan.

Kepala Badan Keuangan dan aset Daerah Wahyu Kurniati menjadi Asisten Administrasi. Selain itu ada  posisi Sekretaris Dinas, Camat dan Sekretaris Camat, Kepala Bidang maupun Kepala Sub Seksi (Kasubsi) yang mengalami rotasi maupun promosi yang jumlah keseluruhan kurang lebih 211 ASN. (Seno)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Begini Pesan Bupati Malang Usai Lantik Dan Sumpah Jabatan Pejabat Tinggi Pratama, Administrator Dan Pejabat Fungsional

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT