Jumat, 20 Mei 2022
Pemerintahan

BKPSDM Sebut ASN Pemkot Batu Tertib, Faktanya 92 Orang Mangkir Hari Pertama Kerja

profile
Doi

10 Mei 2022 07:23

447 dilihat
BKPSDM Sebut ASN Pemkot Batu Tertib, Faktanya 92 Orang Mangkir Hari Pertama Kerja
Sebanyak 92 ASN Pemkot Batu mangkir tanpa izin pada hari pertama kerja. (Diskominfo Batu / SJP)

KOTA BATU – Upacara apel pagi di Balai Kota Among Tani pasca libur lebaran pada Senin 9 Mei 2022 seharusnya diikuti 2639 ASN Pemkot Batu, ternyata ada 92 orang yang mangkir hadir tanpa izin.

Sebelumnya, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, diperkuat pernyataan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) M Adhim jika ASN Pemkot Batu tertib tidak ada yang bolos kecuali izin sakit.

Namun fakta dari data yang diterima suarajatimpost.com jumlah ASN dan Non ASN yang hadir hanya 2.267 orang. 

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso mengatakan secara rinci untuk hari pertama kerja total ada 372 ASN yang tidak hadir apel.

"Jumlah itu meliputi 9 orang keterangan sakit, izin ada 22 orang, cuti 7 orang, dinas dalam/luar 242 orang dan tanpa keterangan 92 orang," terang dia.

Namun demikian, Punjul memastikan akan memberikan sanksi tegas kepada ASN yang bolos di hari pertama kerja, mengacu pada PP 94 tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Berdasarkan pada aturan, lanjut Punjul, untuk sanksi mengacu dengan jumlah absensi tanpa keterangan selama setahun.

"Harapan kita ASN itu memiliki tanggung jawab dan bisa memberikan contoh kepada seluruh masyarakat. Karena mereka merupakan pelayan masyarakat," harap dia.

Punjul menegaskan, sanksi ringan seperti teguran tulisan atau lisan akan diberikan kepada ASN yang tidak masuk selama lima hari tanpa keterangan.

"Kalau tidak masuk selama enam sampai tujuh hari diberikan teguran tertulis, sesuai PP 53/2010 tentang disiplin PNS," imbuh Punjul.

Sementara untuk sanksi ASN yang mangkir hingga 25 hari sampai 30 hari, masih kata Punjul, akan diberikan sanksi penundaan kenaikan pangkat hingga penurunan pangkat. (Doi Nuri)

Editor: Doi Nuri

Tags
Anda Sedang Membaca:

BKPSDM Sebut ASN Pemkot Batu Tertib, Faktanya 92 Orang Mangkir Hari Pertama Kerja

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT