Rabu, 17 Agustus 2022
Pemerintahan

BPIP Libatkan Multi Lini Untuk Membumikan Pancasila

profile
Doi

26 Juli 2022 14:44

459 dilihat
BPIP Libatkan Multi Lini Untuk Membumikan Pancasila
Agenda pembekalan ideologi Pancasila kepada calon Mandala. (SJP)

SURABAYA – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) gelar Jejaring Panca Mandala (JPM) di wilayah Jawa Timur, dengan melibatkan berbagai unsur.

BPIP menggandeng perwakilan dari pemerintahan, pengusaha, pendidikan, ormas dan media, untuk dibekali terkait pendalaman pengetahuan Pancasila.

Deputi Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan, Ir Prakoso MM, menegaskan jika Jejaring Panca Mandala kepada masyarakat yang ada di Jawa Timur merupakan mitra strategis yang nantinya bisa membumikan Pancasila.

"JPM adalah wujud kolaborasi diantara BPIP dengan pemerintah daerah, dunia pendidikan, dunia usaha, media, dan organisasi/kelompok masyarakat untuk bersama-sama melaksanakan program-program strategis pembinaan Ideologi Pancasila," papar dia.

Prakoso menambahkan, jika fundamental Pancasila tidak terus diperkuat, maka serangan ideologi asing dengan informasi yang tidak sejalan dengan Pancasila
dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa. 

"Kami berharap, dengan terbentuknya JPM di Jawa Timur dapat menangkal paham-paham radikal yang bisa merusak persatuan dan kesatuan bangsa," kata Prakoso.

Ditempat yang sama, Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama, Elfrida Herawati Siregar, SP MM, menjelaskan, jika JPM merupakan forum yang diinisiasi oleh dan dari komponen masyarakat yang bersifat sukarela dan berdasar kesamaan tujuan anggota.

"Dari unsur komunitas, juga komponen masyarakat lainnya akan ikut berperan menanamkan nilai-nilai Pancasila di lingkungannya (Provinsi, Kabupaten/ Kota, red) dengan pendalaman yang kami sajikan selama 3 hari," tandas dia.

Sebagai informasi, kegiatan JPM dilaksanakan dari hari Senin 25 Juli 2022 hingga besok, Rabu 27 Juli 2022 di Hotel Grand Dafam Signature, Jalan Kayoon no 4 - 10, Embong Kaliasin, Kecamatan Gentengan, Surabaya.

Direncanakan pada hari Kamis 28 Juli 2022 para pengurus JPM akan dideklarasikan di Gedung Grahadi Surabaya, untuk deklarasi dihadapan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan wali kota juga bupati se Jatim. (Doi Nuri)

Editor: Redaksi 

Tags
Anda Sedang Membaca:

BPIP Libatkan Multi Lini Untuk Membumikan Pancasila

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT