Senin, 28 November 2022
Pemerintahan

BPRD Kabupaten Lumajang Belum Menjelaskan Sisa Piutang Retribusi Pajak Yang Belum Disetorkan Ke Kas Daerah

profile
Achmad

30 Agustus 2022 20:34

584 dilihat
BPRD Kabupaten Lumajang Belum Menjelaskan Sisa Piutang Retribusi Pajak Yang Belum Disetorkan Ke Kas Daerah
Kantor BPRD Kabupaten Lumajang tampak depan. (SJP)

LUMAJANG - Penyetoran pajak dan retribusi daerah serta piutang pajak Kabupaten Lumajang, disetorkan secara keseluruhan ke kas daerah.

Kendati berapa sisa besarannya, Badan Pengelola Retribusi Daerah (BPRD) Kabupaten Lumajang masih belum diketahui pastinya.

Hal ini disampaikan Kepala kantor Badan Pengelola Retribusi Daerah (BPRD) Kabupaten Lumajang, Hari Susiati kepada awak media, Selasa (30/8/2022) via chat WhatsApp.

"Terkait dengan temuan awak media, masih ada piutang, ya itu semua masih dalam proses rekonsiliasi data, penagihan dan penyetoran," kata Susi.

Sebelumnya, kata Susi, pihaknya sudah bekerja sama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Lumajang, terhadap penagihan piutang pajak daerah yang masih menjadi piutang.

"Mohon maaf, untuk koordinasi lebih lanjut bisa dengan bidang penagihan. Saya harus mengisi survey cord value ASN berakhlak," paparnya.

Terkait dengan jumlah besaran piutang pajak, Susi sudah sampaikan untuk berkoordinasi dengan Kabid Penagihan, karena bidang itulah yang melakukan proses penagihan dan koordinasi dengan pihak terkait.

Secara umum, dijelaskan Susi, berdasarkan temuan BPK tersebut menurut Susi, pihaknya telah melakukan penagihan piutang pajak minerba dengan rekonsiliasi data piutang pajak daerah dan Kswp konfirmasi status wajib pajak ( persyaratan lunas dalam pengurusan izin).

"Kami sudah bersurat kepada Kementerian ESDM untuk pertimbangan pemberian perizinan bagi penunggak pajak dan penagihan aktif kami lakukan," jelasnya lagi.

Sulitnya awak media berkoordinasi dengan Kabid Penagihan, dikatakan Susi, dikarenakan padatnya agenda penagihan hingga ke pelosok desa.

"Memang saat ini beliaunya masih monitoring dan penagihan ke desa-desa yang penerimaan kurang 60 persen," ungkapnya.

Beberapa kali awak.media mencoba menemui Kabid Penagihan BPRD Kabupaten Lumajang, Catur, masih belum bisa ditemui terkait permohonan data piutang yang masih tersisa sampai dengan Agustus 2022 ini.

Sampai dengan berita ini ditayangkan, Catur juga belum bisa ditemui, dari pesan WhatsApp nya hanya terbaca saja tanpa ada balasan. (Fuad)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

BPRD Kabupaten Lumajang Belum Menjelaskan Sisa Piutang Retribusi Pajak Yang Belum Disetorkan Ke Kas Daerah

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT