Selasa, 28 Juni 2022
Pemerintahan

BumDesMa Segera Penuhi Persyaratan Administrasi, Kawasan BTS Akan Masuk Proses Lelang

profile
Senopati

04 Juni 2022 08:04

420 dilihat
BumDesMa Segera Penuhi Persyaratan Administrasi, Kawasan BTS Akan Masuk Proses Lelang
Kawasan wisata Rest Area Gubuklakah, rencananya akan dibangun Taman Volcano oleh Kementrian PUPR. (SJP)

KABUPATEN MALANG – Agar tahapan pembangunan pengembangan kawasan Bromo Tengger Semeru (BTS) bisa masuk proses lelang di bulan Juli tahun 2022 ini, Pemerintah Kabupaten Malang meminta pada Badan Usaha Desa Bersama (BumDesMa) lengkapi administrasi.

Nantinya, BumDesma sebagai pengelola kawasan wajib memenuhi segala persyaratan yang ditentukan oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Kepala Badan Perencanaan, Pembangunaan Daerah (Bappeda), Tomi Herawanto menjelaskan, dana bantuan dari Bank Dunia untuk pengembangan kawasan BTS akan segera turun. Jumat 3 Juni 2022.

"Karena itu, Pemkab Malang diminta oleh Kementrian PUPR untuk segera memenuhi segala persyaratan administrasi untuk segera dilakukan proses lelang," jelas Tomi.

Tomi menegaskan, jika perwakilan PUPR menginformasikan pada bulan Juli ini akan dilakukan proses lelang oleh Kementrian PUPR.

"Proses lelang itu diikuti dokumen persyaratan administrasi harus lengkap, dan nanti penyusunan dokumen dilakukan oleh Pemkab Malang," imbuh Tomi.

Dokumen yang dipersyaratkan, masih kata Tomi, yaitu dokumen lingkungan, lalulintas serta akte pendirian BumDes Mandiri yang juga masuk dalam persyaratan administrasi menuju proses lelang.

Tomi menambahkan, karena bantuan ini dari Bank Dunia, maka segala proses lelang dan pekerjaan proyek pengembangan kawasan BTS tidak akan sama waktu dan proses lelang yang ada di Malang.

"Rencananya desainnya nanti akan dibangun 'Taman Volcano', dan proyek ini nanti akan dikerjakan oleh Kementrian PUPR," tambahnya.

Terkait anggaran, Tomi mengaku belum tahu berapa besarannya, namun yang jelas proyek ini multiyears yang direncanakan selesai tahun 2023 mendatang.

Cakupan wilayahnya nanti, lanjut Tomi, meliputi tiga desa, yaitu Desa Wringin Anom, Gubuklakah dan Duwet Krajan, yang dikelola oleh BumDesMa dari tiga desa tersebut dengan luas area yang akan digunakan sekitar 20 hektar.

"Karena lahan yang digunakan untuk kawasan Taman Volcano ini cukup luas, kurang lebih 20 hektar yang berada di tiga desa tersebut, oleh karena itu pengelolaannya nanti kami serahkan pada tiga desa dengan BumDes Ma nya itu," papar dia.

Sedangkan kepemilikan lahan dan tanahnya, Tomi memaparkan jika seluruhnya milik Tanah Kas Desa (TKD) tiga desa tersebut.

Dampak positif yang nanti dirasakan masyarakat terkait pengembangan kawasan BTS dengan pembangunan 'Taman Volcano' diyakini Tomi bisa meningkatkan perekonomian masyarakat tiga desa pengelola.

"Namun yang utama dari pengembangan kawasan BTS yang berada di wilayah Kecamatan Poncokusumo ini, menjadi pengembangan kawasan BTS yang bersinergi dengan 4 Kabupaten.," Tegas dia.

Selain sisi ekonomi, Tomi meyakini, aspek sosial dan edukasi tentang pengetahuan alam bagi maayarakat serta pengunjung wisata juga menjadi salah satu keuntungan. (Nes)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

BumDesMa Segera Penuhi Persyaratan Administrasi, Kawasan BTS Akan Masuk Proses Lelang

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT