Rabu, 30 November 2022
Pemerintahan

Bupati Banyuwangi Siap Bantu Warga Kalibaru yang Rumahnya Hancur Terkena Banjir

profile
Ikhwan

04 November 2022 14:25

571 dilihat
Bupati Banyuwangi Siap Bantu Warga Kalibaru yang Rumahnya Hancur Terkena Banjir
Bupati Banyuwangi melihat langsung kondisi pemukiman terdampak banjir. (SJP)

BANYUWANGI - Bupati Banyuwangi, Hj Ipuk Fiestiandani SPd, memastikan penanganan banjir di Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi dilakukan secara optimal.

Ipuk juga siap membantu warga yang rumahnya hancur terdampak banjir. Proses pengananan saat ini masih berkutat dengan evakuasi dan pembersihan material.

Bahkan, kata Ipuk, Pemkab Banyuwangi juga menyiapkan posko tempat tinggal sementara untuk warga. Namun warga terdampak memilih untuk tinggal di rumah saudaranya yang tidak terdampak banjir.

Pihaknya juga siap memberikan bantuan kepada puluhan warga rumahnya hancur terdampak banjir. Bupati Banyuwangi mengerahkan Dinas PU CKPP, Dinas PU Pengairan hingga Dinas Sosial (Dinsos) dan BPBD untuk melakukan pendataan korban.

"Korban banjir masih dilakukan pendataan. Nanti dari Dinas PU CKPP, PU Pengairan, bersama Dinsos dan BPBD kita arahkan untuk bekerjasama. Kami siap mengucurkan anggaran untuk membantu warga terdampak banjir saat ini," kata Ipuk saat meninjau lokasi banjir, Jumat (4/11/2022).

Mengantisipasi kejadian serupa, Ipuk menyebut, Pemkab Banyuwangi tengah membuat perencanaan baru lengkap dengan pengalihan air dari hulu agar tidak masuk ke sungai-sungai kecil yang ada di sekitar pemukiman warga.

"Saat ini masih dalam bentuk diskusi. Jadi aliran air kita pantau terutama yang dari atas terkait mitigasinya agar tidak terjadi lagi luapan lagi. Karena memang debit airnya cukup besar, sedangkan saluran sungainya sangat kecil," ucapnya.

Bupati Banyuwangi itu menyebut, banjir yang menerjang permukiman warga di Desa Kalibaru Wetan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya curah hujan tinggi, alih fungsi lahan dan juga masalah sampah.

"Untuk mengatasi persoalan ini, kita nanti akan duduk bareng, diharapkan semuanya punya kesadaran masing-masing. Masyarakat juga akan kita libatkan pastinya, terkait dengan upaya reboisasi, terkait masalah sampah, untuk membahas itu," jelasnya.

Sebelum menutup keterangannya, Ipuk turut mengucapkan rasa prihatin atas musibah banjir yang melanda perkampungan setempat.

"Kami juga mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga lingkungan kita, agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi," tutupnya. (Ikhwan)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Bupati Banyuwangi Siap Bantu Warga Kalibaru yang Rumahnya Hancur Terkena Banjir

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT