Jumat, 07 Oktober 2022
Pemerintahan

Bupati Malang Menjadi Irup Memperingati Hari Kemerdekaan RI Ke 77 Di Halaman Pendopo Agung

profile
Senopati

17 Agustus 2022 18:53

512 dilihat
Bupati Malang Menjadi Irup Memperingati Hari Kemerdekaan RI Ke 77 Di Halaman Pendopo Agung
Pasukan Pengibar Bendera Pusaka saat mengibarkan bendera Merah Putih pada upacara Kemerdekaan RI ke 77 di halaman Pendopo Agung Kabupaten Malang. (SJP)

KABUPATEN MALANG – Mengambil Tema 'PULIH LEBIH CEPAT BANGKIT LEBIH KUAT', Pemerintah Kabupaten Malang menggelar upacara bendera memperingati Kemerdekaan RI ke 77.

Inspektur Upacara dipimpin langsung oleh Bupati Malang, H.M Sanusi di halaman Pendopo Agung Kabupaten Malang pada, Rabu pagi (17/8/2022).

Rangkaian upacara memperingati Kemerdekaan RI ke 77 ini diawali pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Kabupaten Malang Darmadi.

Mengheningkan cipta oleh HM Sanusi serta pembacaan doa kenegaraan oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Malang Sonhaji, dan pengibaran bendera merah putih oleh pasukan pengibar bendera (Paskibra) Kabupaten Malang.

Bupati Malang, HM Sanusi menyerahan Tali Asih secara simbolis kepada Veteran Kabupaten Malang, 7 Pejuang yang mendapat Tali Asih ialah veteran perang trikora dan 6 diantaranya ialah veteran perang Seroja.

Dalam memperingati Kemerdekaan RI ke 77, Bupati menekankan momentum ini untuk bangkitkan semangat masyarakat berjuang mengisi kemerdekaan ini 

“Kita masih diberikan kesempatan untuk merasakan, sekaligus memperingati kemerdekaan Republik Indonesia yang sudah sampai usia 77 tahun dan semoga kita pulih lebih cepat dan bagkit lebih kuat," kata dia.

Dengan momentum kemerdekaan ini, lanjut Sanusi, saatnya membangkitkan semangat masyarakat untuk semangat berjuang seperti halnya para pejuang 45 dalam merebut kemerdekaan.

"Sekarang kita melawan kemiskinan untuk berjuang menghadapi ekonomi global yang semakin hari semakin terpuruk dengan adanya perang Ukraine,” ucap ang nomor satu di Kabupaten Malang itu.

Sanusi berharap tahun mendatang, upacara bisa dilaksanakan di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, karena kali pertama melakukan pengibaran langsung.

”Ini adalah kali pertama melakukan pengibaran setelah pandemi, semoga selanjutnya kita bisa mengadakan upacara besar di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen,” tandas Bupati Malang.

Untuk lebih memeriahkan peringatan HUT RI ke- 77 Tahun 2022 ini, ditampilkan drumband Corp N1 yang menjuarai video penampilan terbaik dalam acara Nusantara Gemilang Kepolisian Daerah Jawa Timur tahun 2022. 

Usai melaksanakan upacara bendera, Bupati dan Wakil Bupati Malang beserta Forkompinda menyaksikan upacara peringatan detik-detik Proklamasi ke-77 Kemerdekaan RI yang dilakukan secara virtual dari halaman Istana Merdeka Jakarta.

Tampak hadir pula pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, Sekretaris Daerah, Wahyu Hidayat, jajaran Forkompimda serta jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Malang. (Seno)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Bupati Malang Menjadi Irup Memperingati Hari Kemerdekaan RI Ke 77 Di Halaman Pendopo Agung

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT