Minggu, 22 Mei 2022
Pemerintahan

Bupati Malang Minta Pejabat Yang Baru Dilantik Fokus Bekerja Sesuai Tema Pembangunan Kabupaten Malang di tahun 2021 

profile
Senopati

14 April 2022 22:32

436 dilihat
Bupati Malang Minta Pejabat Yang Baru Dilantik Fokus Bekerja Sesuai Tema Pembangunan Kabupaten Malang di tahun 2021 
Bupati Malang H.M Sanusi saat menyematkan lencana kepangkatan. (SJP)

KABUPATEN MALANG – Bupati Malang melantik dan mengambil sumpah pejabat pada lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang.

Sebanyak sembilan pejabat Esselon II dan Esselon IIb mulai rotasi sampai promosi jabatan diemban, di Pendopo Agung Pringitan.

Bupati Malang H M Sanusi meminta pada para pejabat yang dilantik untuk fokus bekerja sesuai Tema Pembangunan Kabupaten Malang tahun 2021.

“Pemulihan Ekonomi melalui Pengembangan Ekonomi Lokal Sektor Unggulan dan Penguatan Sumber Daya Manusia dalam rangka Percepatan Pemulihan Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat" kata Sanusi. Kamis (14/4/2022).

Sanusi mengatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, dan Pejabat Administrator merupakan salah satu prosedur dalam ranah manajemen birokrasi.

"Hal ini dilakukan sebagai bentuk legalitas dan penegasan atas tugas pokok dan fungsi bagi para pejabat yang mengalami promosi atau mutasi jabatan," jelas Sanusi.

Sehingga pada tahap selanjutnya, masih kata Sanusi, dapat segera melakukan adaptasi sekaligus akselerasi pada aspek administrasi dan pelayanan publik di organisasi kerjanya masing-masin.

Bupati Malang juga menekankan, bahwa tidak ada istilah transaksional dan instan dalam menentukan jabatan.

"Pasalnya, semua ditentukan sesuai dengan kompetensi dan keahliannya, serta harus melalui proses yang sudah ditetapkan," ujar Sanusi.

Ia menegaskan jika pelaksanaan rotasi, mutasi dan promosi jabatan, merupakan hal yang biasa dalam sebuah organisasi.

"Hal ini juga dilakukan sebagai salah satu upaya peningkatan kompetensi PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang," imbuh dia.

Sanusi memastikan, tidak ada unsur ‘like’ dan ‘dislike’ dalam menentukan promosi atau mutasi jabatan, karena harus benar-benar melihat bagaimana 'track record' atau rekam jejak para PNS.

Tentunya, lanjut Sanusi, harus mumpuni dan mampu untuk memenuhi kompetensi jabatan yang memang tengah dibutuhkan oleh organisasi.

‘’Kepada saudara-saudara yang dilantik dan diambil sumpahnya dalam formasi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, dan Administrator agar segera melakukan konsolidasi di lingkungan kerja masing-masing," imbau dia.

Lebih lanjut, Sanusi berharap para pegawai bisa melaksanakan fungsi-fungsi kepemimpinan dengan tetap melakukan konsultasi secara vertikal dan koordinasi secara horizontal.

"Paling penting, segera melakukan percepatan dalam merealisasikan program maupun kegiatan yang telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Malang Tahun 2021-2026,” jelasnya.

Politisi PDI Perjuangan ini menyarankan, para pejabat agar fokus bekerja sesuai tema pembangunan Kabupaten Malang di tahun 2022 ini.

“Pemulihan ekonomi melalui pengembangan ekonomi lokal sektor unggulan dan penguatan sumber daya manusia dalam rangka percepatan pemulihan kondisi sosial ekonomi masyarakat, harus diwujudkan," pinta dia.

Abah Sanusi meminta pada seluruh pejabat untuk membangun sinergitas, dalam rangka mewujudkan program Pemerintah Kabupaten Malang, dengan prinsip 5K Budaya Kerja ASN Kabupaten Malang yaitu Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas, Kerja Tuntas, Kerja Prestasi.

"Serta, para pejabat disarankan agar ciptakan lingkungan kerja yang kondusif sehingga setiap pegawai merasa nyaman bekerja," tambah dia.

Dengan meningkatkan kinerja pribadi, unit kerja maupun keseluruhan organisasi termasuk di dalamnya adalah untuk terus mendorong suatu cara baru yang solutif, kreatif dan inovatif.

"Pelantikan ini dapat dipandang sebagai dinamika dan sarana penyegaran organisasi yang arahnya untuk lebih menajamkan tugas dan fungsi dari masing-masing unit kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang," tegas Sanusi.

Dengan begitu, Sanusi meyakini tujuan organisasi yang tercermin dalam capaian kinerja organisasi dapat dijalankan lebih baik dan lebih maksimal.

Sebagai informasi, sembilan pejabat yang dilantik dan diambil sumpah jabatan meliputi kepada Harry Setia Budi yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kini menerima jabatan baru sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Lalu, Arbani Mukti Wibowo dengan jabatan lama Kepala Dinas Kesehatan menerima jabatan baru, sebagai Kepala Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Sebelumnya Nurcahyo,  menjabat Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, menerima jabatan baru Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah.

Sedangkan enam sisanya, rotasi jabatan beberapa Sekretaris Dinas dan Kepala Bidang di Pemkab Malang. (nes)

Editor: Doi Nuri

Tags
Anda Sedang Membaca:

Bupati Malang Minta Pejabat Yang Baru Dilantik Fokus Bekerja Sesuai Tema Pembangunan Kabupaten Malang di tahun 2021 

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT