Jumat, 20 Mei 2022
Pemerintahan

Bupati Pamekasan Sebut Sentra Batik Picu Pertumbuhan Ekonomi Rakyat

profile
Faisol

31 Maret 2022 21:15

345 dilihat
Bupati Pamekasan Sebut Sentra Batik Picu Pertumbuhan Ekonomi Rakyat
Sentra batik digadang memicu pertumbuhan ekonomi masyarakat. (Suara Jatim Post)

PAMEKASAN - Bupati Pamekasan Baddrut Tamam berharap keberadaan Sentra Batik dapat memicu pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Hal itu disampaikan Bupati Baddrut Tamam saat meresmikan Sentra Batik di Desa Klampar, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan Senin, (14/3/2022) pagi.

Menurutnya, Sentra Batik menjadi semangat tersendiri untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat dan perajin batik supaya mampu bersaing.

Untuk menumbuhkan ekonomi kreatif, Baddrut meminta semua pihak bergandeng tangan memajukan Sentra Batik di Desa Klampar, salah satunya mempromosikan batik tulis Pamekasan.

"Ayo kita bareng-bareng, tetapi tugas utama yang mengemban amanah ini adalah BUMDes, saya bersama pemerintah kabupaten akan ikut di belakang BUMDes," katanya.

Sentra Batik yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakantempat menjual batik dan tempat proses pembuatan batik tulis yang dilakukan oleh perajin.

Tidak hanya baju batik, tetapi di tempat itu juga tersedia songkok batik, selendang batik, sarung batik, dan sepatu batik yang dipersiapkan untuk para pengunjung.

"Ini sudah menjadi hak milik Desa Klampar, ini satu-satunya di Pamekasan, betapapun pembangunannya panjang," terangnya.

Dikatakan, tugas pemerintah daerah adalah membentuk top of mind tentang batik tulis Pamekasan. Sebab batik tulis Pamekasan sejauh ini masih kalah dengan batik luar.

"Strateginya ada tiga. Pertama, bagaimana batik Pamekasan ini dikenal, ketika menyebut batik, ya Pamekasan. Maka perlu ikhtiar yang luar biasa. Promosi luar biasa harus kita lakukan," paparnya.

Kedua, menjaga konsistensi atas batik tulis tersebut. Ketiga adalah tempat dan barangnya tersedia sehingga orang luar daerah yang hendak membeli langsung ke Sentra Batik tidak kecewa lantaran batik Pamekasan benar-benar tersedia.

"Maka tiga elemen ini, promosi yang konsisten dan barangnya ada, ini perlu terus kita lakukan. Dan ini bisa kita lakukan asal kita bergandengan tangan antar seluruh elemen," pungkasnya. (adv)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Bupati Pamekasan Sebut Sentra Batik Picu Pertumbuhan Ekonomi Rakyat

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT