Rabu, 17 Agustus 2022
Pemerintahan

Bupati Pamekasan Tanda Tangani Petisi Selamatkan Mata Pencaharian Petani Tembakau

profile
Faisol

20 Juni 2022 12:56

358 dilihat
Bupati Pamekasan Tanda Tangani Petisi Selamatkan Mata Pencaharian Petani Tembakau
Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam bersama Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI). (SJP)

PAMEKASAN - Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam bersama Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) melakukan penandatangan petisi Together We Grow: Selamatkan Mata Pencaharian Petani Tembakau, Sabtu lalu 18 Juni 2022.

Adapun yang menandatangani petisi tersebut diantaranya, Bupati Baddrut Tamam, Ketua DPN APTI Soeseno, Ketua APTI Pamekasan Samukrah, Kepala DKPPP Ajib Abdullah, Kades Samatan Moh Tamyis, dan Dosen Ekonomi Pertanian UPN Veteran Surabaya DR Zainal Abidin.

Sebelum penandatangan petisi, Bupati Pamekasan beserta Ketua DPN APTI, dan Dosen Ekonomi Pertanian UPN Veteran Surabaya melakukan simbolis tanam raya tembakau.

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengatakan bahwa langkah ini sebagai komitmen bersama memperjuangkan tembakau bukan hanya sebagai sumber pemberdayaan ekonomi, namun juga budaya dan warisan yang telah mendarah daging.

Menanam tembakau bagi para petani sama dengan menanam harapan. Apalagi mengingat beberapa bulan terakhir, petani dihantui oleh cuaca yang tidak bersahabat, membuat mereka kesulitan menanam tembakau.

Alhasil, tanam raya tembakau di sebagian besar daerah nusantara, yang biasanya dapat dilakukan di bulan April-Mei, mundur hingga akhir Juni.

"Melalui acara dan pertemuan ini, mari kita kuatkan komitmen dan kolaborasi memajukan tembakau. Kita bersyukur masih tetap bisa melaksanakan gelar tanam, semoga diberikan rezeki berlimpah bagi para petani tembakau," katanya.

Menurutnya, Pemkab Pamekasan terus berkomitmen untuk membantu mensejahterakan petani tembakau sebagai bagian dari prioritas pembangunan perekonomian desa. Hal itu perlu cara yang konkret untuk memenuhi komitmen tersebut.

"Kami bantu fasilitasi pelatihan melinting bagi para pekerja tembakau, kami bantu peralatannya, kami berikan akses penyertaan modal dengan bunga rendah, kami sediakan marketnya lewat keberadaan warung milik rakyat (Wamira Mart).

Ayo kita bergandengan tangan seluruh elemen masyarakat dan pemerintah agar kita makmur bersama-sama demi kualitas hidup yang semakin lebih baik," terangnya.

Sejauh ini, kata Baddrut, pemerintah daerah telah menyusun grans design kawasan industri hasil tembakau (KIHT). Kata dia, KIHT adalah bukti nyata komitmen pemerintah dalam menyiapkan fasilitas pertembakauan.

"Maka jangan kita saling curiga, bersama-sama kita berjuang. Kita wujudkan kerjasama tripartit : petani, pemerintah dan pabrikan. Kita pastikan manajemen produksi dan harga dapat berjalan baik. Semua sesuai porsi dan tanggungjawab," tandasnya.

Sementara itu, Ketua APTI Soeseno menjelaskan bahwa saat ini harapan menanam petani tembakau tidak hanya terhalang guyuran hujan yang menyebabkan kematian tanaman tembakau.

Namun, kondisi saat ini, tanaman tembakau diterjang berbagai isu negatif. Mulai dari isu kesehatan hingga pencemaran lingkungan. Belum lagi ratusan regulasi nasional maupun regional yang berdampak pada petani tembakau di sisi hulu ekosistem pertembakauan.

"Kita para petani harus bersatu menyelamatkan tembakau. Tembakau telah memberikan kontribusi dan sumbangsih yang cukup besar bagi penerimaan negara. Termasuk penyerapan tenaga kerja. Ada 2.5 juta petani tembakau, 1.5 juta petani cengkeh, dan sekitar 2 juta tenaga kerja manufaktur hingga industri kreatif yang diserap oleh ekosistem pertembakauan.

Mari kita berjuang agar tembakau nusantara tetap lestari. Kita serukan bahwa petani tembakau di kabupaten ini tetap eksis. Madura sebagai jantung pertembakauan nasional, masih hidup, masih semangat menanam," ucapnya.

Menurutnya, tembakau adalah kultur, budaya yang telah diteruskan turun-temurun di Madura sehingga menanam tembakau bagi masyarakat Madura adalah bagaimana budaya itu hidup dan berkembang.

"Dengan segala regulasi yang belum berimbang dan menekan, kita tunjukkan bahwa kita masih tetap semangat menanam. Hidup petani tembakau," pungksnya. (Faisol)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Bupati Pamekasan Tanda Tangani Petisi Selamatkan Mata Pencaharian Petani Tembakau

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT