Senin, 27 Juni 2022
Pemerintahan

Cegah PMK Mengganas, Rumah Pemotongan Hewan di Banyuwangi Disterilisasi 

profile
Ikhwan

15 Juni 2022 19:48

338 dilihat
Cegah PMK Mengganas, Rumah Pemotongan Hewan di Banyuwangi Disterilisasi 
Salah satu RPH di Banyuwangi mendapatkan tindakan preventif. (SJP)

BANYUWANGI - Sejumlah rumah potong hewan (RPH) di Banyuwangi disterilisasi. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran PMK agar tidak semakin mengganas. 

Kegiatan sterilisasi dilakukan dengan penyemprotan disinfektan menggunakan cairan klorida. Hadir Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jatim, Sriyono. Pihaknya turun langsung ke kabupaten/kota di Jatim untuk mitigasi pencegahan PMK.

"Giat yang dilakukan dengan penyemprotan disinfektan. Kami terus keliling, sampai hari ini sudah melakukan di 20 kabupaten/kota di Jatim," ucap Sriyono.

Sriyono menyebut, segala peralatan yang disiapkan seperti disinfektan klorida, cukup membackup seluruh kabupaten/kota di Jatim. 

"Sampai saat ini sudah 36 kabupaten/kota di Jatim positif PMK. Dengan penyemprotan ini dapat mengurangi penularan terhadap virus yang ada," kata Sriyono.

Ia menjelaskan, penyebaran wabah PMK pada hewan hampir sama dengan virus Covid-19 yang menyerang manusia. Namun, virus PMK penularannya lebih cepat karena melalui udara.

"Sehingga penyemprotan disinfektan terus kita gencarkan hingga hewan ternak mendapatkan vaksin. Saat ini kami masih menunggu vaksin pada ternak tersebut," tuturnya.

Plh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi Ilzam Nuzuli menambahkan, sasaran penyemprotan disinfektan dilakukan di RPH hingga Pasar Hewan.

Menurutnya, jika tidak dilakukan penanganan secepat mungkin akan mempengaruhi daya jual ternak di Banyuwangi.

"Sehingga kita fokus pada penyemprotan, karena ini bagian dari pencegahan, kalau tingkat kematiannya rendah 0,15 persen. Tetapi penularannya cukup cepat," ungkapnya. (Ikhwan)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Cegah PMK Mengganas, Rumah Pemotongan Hewan di Banyuwangi Disterilisasi 

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT