Kamis, 09 Februari 2023
Pemerintahan

Dinkes dan Polisi Selidiki Penyebab Keracunan Massal Puluhan Peserta Literasi BI di Banyuwangi

profile
Ikhwan

12 Desember 2022 16:54

523 dilihat
Dinkes dan Polisi Selidiki Penyebab Keracunan Massal Puluhan Peserta Literasi BI di Banyuwangi
Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi, Amir Hidayat. (SJP)

KABUPATEN BANYUWANGI – Dinas Kesehatan melakukan cek sampel makanan yang diduga menjadi pemicu insiden keracunan yang menimpa puluhan wartawan peserta pelatihan literasi Bank Indonesia di Kabupaten Banyuwangi, Minggu 11 Desember 2022 kemarin.

Hal itu disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan setempat, Amir Hidayat. Pihaknya telah mengambil sampel makanan yang sebelumnya disantap oleh peserta yakni di hotel dan di Alas Purwo.

"Kami turunkan tim untuk penyelidikan epidemiologi," kata dia, Senin (12/12/2022).

Menurut Amir, ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan para peserta keracunan. Diantaranya, makanan, air, dan proses pengolahan.

Sampel dari semua itu telah dibawa ke laboratorium milik dinkes.

"kami masih menunggu hasil laboratoriumnya," ujar Amir. 

Terpisah, Kasat Reskrim Polresta Banyuwangi Kompol Agus Sobarnapraja mengatakan, jumlah korban keracunan sekitar 35 orang. Mereka sempat dirawat di RSUD Blambangan dan RS Yasmin Banyuwangi.

"Kami telah menurunkan tim inafis dan dokpol dari Polresta Banyuwangi. Penyidik juga telah melakukan wawancara awal terhadap korban sambil memonitor kondisi terakhir," kata Agus.

Ia mengatakan, mayoritas korban mengalami diare, muntah, dan badan lemas. Pihaknya masih mendalami penyebab keracunan dan kronologis kejadiannya.

"Kami sudah dapat sempel muntahan dari korban. Itu sudah dibawa ke Labfor (laboratorium forensik) di Bondowoso," kata dia.

Hasil Labfor itu nantinya akan menjadi pegangan bagi penyidik untuk menentukan penyebab keracunan dan penanganan lebih lanjut.

"Kami lihat nanti hasilnya, sekarang kami belum bisa menentukan. Yang pasti nanti semua berangkat dari hasil labfor," sambung dia. (Ikhwan)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Dinkes dan Polisi Selidiki Penyebab Keracunan Massal Puluhan Peserta Literasi BI di Banyuwangi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT