Jumat, 08 Juli 2022
Pemerintahan

Disegel Beberapa Menit, Gerai Rapid Antigen di Banyuwangi Nekat Buka dan Rusak Garis Polisi

profile
Ikhwan

26 Januari 2022 15:12

121 dilihat
Disegel Beberapa Menit, Gerai Rapid Antigen di Banyuwangi Nekat Buka dan Rusak Garis Polisi

BANYUWANGI - Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi bersama Forum Pimpinan Kecamatan Kalipuro, melakukan operasi penertiban gerai rapid test antigen yang diduga bodong. Puluhan gerai yang menjamur di sekitar Pelabuhan Ketapang yang diterbitkan bahkan disegel, Rabu (26/1/2022).

Salah satu gerai yang ditutup dan disegel dengan garis polisi lokasinya berada tepat di utara Balai Desa Ketapang, Kalipuro. Namun sialnya, baru beberapa menit petugas beranjak, pengelola nekat merusak garis polisi dan kembali membuka gerainya. 

Saat didatangi sejumlah wartawan, karyawan di gerai tersebut dengan cepat menutup pintu gerainya dan memilih bungkam.

Petugas saat menyegel gerai rapid test antigen yang berlokasi di Utara Kantor Desa Ketapang, Kalipuro, Banyuwangi, Rabu (26/1/2022)

Plt Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, Amir Hidayat mengatakan terkait penanganaan dan penindakan gerai yang masih tetap membandel tersebut menjadi kewenangan Satpol PP untuk kembali menertibkannya.

"Penertiban ini adalah ranahnya Satpol PP. Ketika sudah dipasangi police line jelas itu sudah tidak boleh beroperasi. Ketika ada gerai yang memaksa buka, maka akan kembali ditertibkan oleh Satpol PP. Besok Satpol PP akan kembali melakukan operasi," kata Amir sapaan akrabnya.

Amir menyebut, keterlibatannya dalam operasi penertiban tersebut adalah untuk memastikan apakah pengelola gerai menepati janjinya. 

"Karena dalam pertemuan kemarin telah disepakati bila gerai yang tidak mampu memenuhi persyaratan dengan suka rela akan menutup gerainya. Sebagian tadi menutup secara mandiri dan sebagian lainya bandel sehingga tadi harus ditertibkan oleh petugas," lanjutnya.

Dari 48 gerai ada 20 yang beritikad baik dan bersedia memenuhi kelengkapan seperti memiliki toilet, drainase, ruang tunggu, pengelolaan limbah, pencahayaan, tempat yang representatif, hingga peralatan kesehatan dan SDM gerai rapid test antigen yang kompeten. 

"Nah yang beritikad baik itu nantinya akan kita terbitkan surat rekomendasi. Ini sebagai upaya kita membantu masyarakat untuk mendapatkan layanan rapid test antigen sesuai dengan SOP (standar operasional prosedur)," tandasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Disegel Beberapa Menit, Gerai Rapid Antigen di Banyuwangi Nekat Buka dan Rusak Garis Polisi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT