Selasa, 28 Juni 2022
Pemerintahan

Dispendukcapil Malang Gunakan Tiga Zona Untuk Maksimalkan Layanan Adminduk

profile
Senopati

30 Mei 2022 21:50

443 dilihat
Dispendukcapil Malang Gunakan Tiga Zona Untuk Maksimalkan Layanan Adminduk
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malang, Hari Setya Budi. (SJP)

KABUPATEN MALANG – Untuk mempermudah dan memaksimalkan pelayanan Administrasi Kependudukan, Dinas Kependuddukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang gunakan tiga zona dalam mempercepat pelayanan pada masyarakat.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang, Harry , layanan tetap menggunakan dua sistem, yaitu sistem online dan sistem offline, pihaknya akan menggunakan tiga nomor WA aplikasi layanan sistem online, kalau dulu kan banyak nomor untuk setiap pemohon adminduk.

"Sedangkan untuk sistem offline, pemohon datang langsumg ke kantor Diapendilcapil atau ke Kecamatan terdekat dengan para pemohon, dan mulai diterapkan hari ini," kata Hari Setya Budi saat ditemui awak media, Senin (30/5/2022).

Hari menerangkan, pihaknya akan terus memaksimalkan pelayanan adminduk dan tidak ada pembatasan pemohon tidak harinya.

"Semua permohonan adminduk kita layanan tanpa ada pembatasan jumlah pemohon," kata dia.

Namun demikian, untuk pemohon yang ingin menunggu dipersilakan, namun jika waktu jam kerja pulang akan diumumkan pada masyarakat pemohon dalam dua tiga hari.

"Jika sudah selesai kami akan kirimkan file, karena saat dokumen adminduk tidak harus dicetak lagi seperti dulu," imbuh Hari.

Dia menegaskan, cukup dengan file pdf, para pemohon bisa mendapatkan adminduknya dan bisa mencetak sendiri.

Di masa pandemi seperti saat ini, lanjut dia, Dispendukcapil tetap menerapkan Prokes pada para pemohon, meskipun Pemerintah telah memperlonggar penerapan pemakaian masker di ruang terbuka.

"Meskipun Pak Joko Widodo (Presiden RI) telah memperlonggar pemakaian masker di tempat umum, kami tetap memberlakukan prokes pada para pemohon, karena saat ini jumlah pemohon adminduk mengalami kenaikan," bebernya.

Hari berharap kedepannya masyarakat semakin mudah mendapatkan layanan adminduk secara transparan dan tanpa biaya serta mudah dan cepat.

"Mungkin selama ini masyarakat belum tahu kalau pelayanan adminduk di tempat kami cepat, mudah dan tanpa biaya, jadi masyarakat masih banyak yang menitipkan pengurusan adminduk pada orang lain," papar Hari.

Pihaknya juga akan menata Sumber Daya Manusia agar pelayanan adminduk bisa maksimal serta sudah baik dan benar.

Untuk Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), pihaknya sudah mengaktifkan alat tersebut walaupun belum bisa berfungsi karena adanya migrasi sisitem terpusat, jadi pihaknya harus menginstal ulang aplikasi di ADM tersebut.

"Karena saat ini adminduk menggunakan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) terpusat, maka ADM yang kita miliki tidak bisa konek dengan pusat karena harus diinstall ulang aplikasi yang ada di sisitem ADM itu," tandasnya.

Sebagai informasi, saat ini semua ADM yang ada di Dispendukcapil di tiap Kecamatan sudah aktif namun belum bisa konek karena kendala SIAK tadi. (Nes)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Dispendukcapil Malang Gunakan Tiga Zona Untuk Maksimalkan Layanan Adminduk

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT