Rabu, 17 Agustus 2022
Pemerintahan

DPRD Lumajang Usulkan Raperda Inisiatif, Tentang Disabilitas dan Narkoba

profile
Achmad

07 Juli 2022 15:58

404 dilihat
DPRD Lumajang Usulkan Raperda Inisiatif, Tentang Disabilitas dan Narkoba
Wakil Ketua DPRD Lumajang, Bukasan, saat ditemui diruang kerjanya. (SJP)

LUMAJANG - Setalah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perlindungan dan Pemberdayaan Petani, kini giliran DPRD Kabupaten Lumajang mengajukan dua Raperda inisiatif dalam Rapat Paripurna. 

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, H Bukasan, menyampaikan terkait Raperda Fasilitasi Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan yang kedua yaitu Raperda Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas.

Kepada media ini, Bukasan menyatakan, dua Raperda tersebut berasal dari usulan masyarakat Lumajang. Pemenuhan hak disabilitas perlu payung hukum, sehingga nantinya pemerintah bisa melakukan penganggaran.

"Selama ini kita belum punya payung hukumnya, jadi kita ajukan pembahasan lewat Raperda inisiatif," kata politisi PDI Perjuangan, Kamis (7/7/2022) usai sidang Paripurna.

Soal Raperda Narkotika, menurutnya, sudah jadi musuh bersama dan sudah masuk ke pelosok desa. Oleh sebab itu, peraturan yang membantu korban kecanduan narkoba bisa sembuh dan hidup normal perlu difasilitasi.

Perang melawan narkoba juga perlu payung hukum, sehingga nantinya semua lembaga hingga tingkat Desa bisa melakukan penganggaran soal sosialisasi pemberantasan narkoba. 

"Narkoba sudah jadi musuh kita bersama, maka kita wajib untuk ikut melawannya," ungkapnya.

Hal yang sama disampaikan anggota Komisi A DPRD Kabupaten Lumajang, Harunurrosyid, kalau BNN Kabupaten Lumajang diminta lebih tegas lagi menindak pelaku perusak moral anak bangsa ini.

"Semoga ke depan, BNN bersama Polri siap memberikan efek jera kepada pelaku pengedar narkotika di Kabupaten Lumajang ini," jawabnya singkat. (Fuad)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

DPRD Lumajang Usulkan Raperda Inisiatif, Tentang Disabilitas dan Narkoba

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT