Jumat, 20 Mei 2022
Pemerintahan

DTPHP Malang Kembangkan Tanaman Hortikultura Di Wilayah Malang Timur

profile
Senopati

26 Maret 2022 08:57

181 dilihat
DTPHP Malang Kembangkan Tanaman Hortikultura Di Wilayah Malang Timur
Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Malang Ir. Budiar Anwar ((dua dari kanan) saat meninjau tanaman hortikultura jenis jenis rumput pakan ternak di Desa Kemiri Jabung. (Suara Jatim Post).

KABUPATEN MALANG – Tanaman Hortikultura yang selama ini terpusat di Malang barat akan dikembangkan fi wilayah Malang timur karena dilihat letak geografis dan topografi sangat cocok pengembangan hortikultuta khususnya rumput jenis tertentu untuk pakan ternak.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Malang, Budiar Anwar mengatakan, Malang timur ang memiliki ketinggian 1200 diatas permukaan laut sangat cocok untuk pengembangan hortikultura jenis rumput pakan ternak, "Saat saya melihat pemeliharaan sapi perah di Desa Kemiri Jabung dan kondisi geografisnya, sangat cocok tanaman rumput," kata Budiar Anwar di Desa Kemiri Jabung, Jumat (25/3/2022).

Budiar melanjutkan, kelembaban udara di Malang timur terutama di Desa Kemiri sangat cocok untuk lahan perkebunan, "Perkebunan yang cocok di Desa Kemiri ada kopi, tebu dan sayur mayur, memang yang paling banyak di desa ini para warganya menanam rumput untuk pakan ternak," terangnya.

Dari data yang diterima DTPHP, potensi utama di Desa Kemiri khususnya, banyak ditemui peternak sapi perah untuk produksi, kopi dan tanaman ladang lain, 'Agar peternak sapi perah tidak kesulitan bahan makanan, di Desa ini banyak dijumpai petani rumput yang mayoritas penduduknya menanam rumput di ladangnya untuk keperluan sapi perah, agar produksi susunya terus meningkat," terang pria yang pernah menjabat Kepala Bagian Humas.

Untuk petani kopi, pihaknya akan memberikan sosialisasi dan edukasi ada warga Kemiri bagaimana bisa mengembangkan potensi biji kopi yang masih mentah menjadi biji kopi siap disajikan  nantinya bisa menjadi Agrowisata kopi di Desa Kemiri.

"Kami dari DTPHP akan selalu memberikan dukungan dan edukasi pada warga masyarakat disini untuk pengembangan berkelanjutan tanaman kopi mulai cara panen, cara petik dan mengambil biji kopi, dan menjadi barista. Ini sangat diperlukan guna memberikan pengetahuan tentang kopi," terangnya.

Selain Desa Kemiri Jabung, Kecamatan Poncokusumo, Pujon dan Dau ditetapkan sebagai salah satu tempat pelestarian bunga-bunga hias, terutama bunga seruni, untuk memenuhi pangsa pasar tanaman hias.

"Kami berharap potensi potensi tanaman hortikultura yang ada di Malang timur ini akan terus kami kembangkan, tidak hanya di wilayah Kemiri saja, namun wilayah lain seperti Poncokusumo dan Tumpang," pungkas Budiar Anwar. (Nes)

Tags
Anda Sedang Membaca:

DTPHP Malang Kembangkan Tanaman Hortikultura Di Wilayah Malang Timur

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT