Rabu, 17 Agustus 2022
Pemerintahan

Edukasi Stunting di Kabupaten Blitar, Rambah Masyarakat Desa

profile
Doi

12 Juli 2022 15:49

550 dilihat
Edukasi Stunting di Kabupaten Blitar, Rambah Masyarakat Desa
Pemdes Bendosari dalam forum rembug stunting. (SJP)

KABUPATEN BLITAR – Pemerintah Kabupaten Blitar instruksikan Penyususnan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa untuk tahun 2022, dalam penanggulangan Stunting dari tingkatan desa.

Oleh Pemkab Blitar, setiap Pemdes diminta memperioritaskan penggunaan Dana desa di Tahun 2022 untuk pencegahan dan penanganan stunting.

Menindaklanjuti arahan tersebut, Kepala Desa Bendosari, Sunarko, menggelar kegiatan Rembuk stunting sebagai salah satu program nasional sehingga perlu di musyawarahkan di desa untuk rangkaian penyususnan RKP.

"Permasalahan stunting menjadi prioritas pemerintah, dikarenakan masalah ini mempengaruhi kualitas SDM yakni terhambatnya tumbuh kembang anak," kata Sunarko. Selasa (12/7/2022).

Oleh karena itu, masih kata Sunarko, program ini harus dilaksanakan secara konvorgen atau terpusat, terpadu oleh berbagai lintas sektor.

Mengingat pentingnya persoalan stunting ini, Sunarko menegaskan, diwajibkan bagi desa menuangkan dalam RKP Desa dan APBDes tahun 2022.

"Dengan harapan, dapat membangun kapasitas dan komitmen pemerintahan dalam mewujudkan sumber daya manusia yang unggul menuju indonesia maju," papar Sunarko.

Dengan kegiatan Rembug Stunting ini, Sunarko berharap akan mampu meningkatkan kualitas perencanaan kegiatan dalam penyusunan RKP desa untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan berkualitas.

"Dalam acara tadi, banyak masukan dan usulan yang disampaikan oleh peserta musyawarah dalam pembangunan kesehatan kepada pemerintah desa," jelas dia.

Masukan yang banyak disampaikan, kata Sunarko, antara lain pelayanan posyandu, peningkatan gizi balita, penanganan 1000 hpk, dan peningkatan kapasitas kader kesehatan.

"Kami juga akan memaksimalkan upaya penanganan dan pencegahan balita stunting untuk di rencanakan kegiatannya dalam penyusunan RKP tahun 2022 Desa Bendosari," tandasnya. (Basuki)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Edukasi Stunting di Kabupaten Blitar, Rambah Masyarakat Desa

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT