Jumat, 03 Februari 2023
Pemerintahan

GAM Jatim Desak Pemkab Pamekasan dan Bea Cukai Madura Tegas Menindak Pabrik Pengedar Rokok Ilegal

profile
Faisol

12 Oktober 2022 17:06

435 dilihat
GAM Jatim Desak Pemkab Pamekasan dan Bea Cukai Madura Tegas Menindak Pabrik Pengedar Rokok Ilegal
GAM Jatim saat berada di kantor bea cukai Madura

PAMEKASAN - Gerakan Aktivis dan Mahasiswa Jawa Timur (GAM Jatim) melakukan aksi demonstrasi ke Pemkab Pamekasan dan Bea Cukai Madura, Rabu (12/10/2022).

Mereka meminta keduanya serius menindak dan melakukan monitoring ke berbagai pabrik rokok ilegal yang ada di Kabupetan Pamekasan.

Kordinator GAM Jatim Junaidi mengatakan bahwa pemerintah daerah harus tegas dalam pengawasan dan penindakan terhadap pabrik rokok ilegal.

Sebab, kata dia, Pamekasan merupakan kota strategis dari berbagai sektor, baik ekonomi, pendidikan dan pembangungan.

“Kami menilai Pemkab Pamekasan sebagai pemangku kebijakan lalai dalam menberantas rokok ilegal. Sebab penindakan hanya dilakukan ke toko-tokok kecil,” ungkapnya.

Mirisnya, kata Junaidi, pemerintah menangkap dan memberi sangsi secara hukum kepada sales yang memang tugas sebagai pekerja, sementara pabrik yang memproduksi rokok ilegal dibiarkan.

“Kami menilai pabrik rokok ilegal tidak pernah diperiksa dan diberikan sangsi secara hukum. Bahkan Bea Cukai Madura tidak pernah ambil tindakan dan tak pernah memberikan Sanksi secara hukum yang sudah diatur dalam UU Nomer 39 Tahun 2007 Tentang Cukai,” terangnya.

Dikatakan, tercatat secara sejak 2 tahun yang lalu, para bandar dan Pabrik Rokok (PR) ilegal beredar di pulau Madura sampai menyebar ke berbagai daerah.

“Kenyataanya sampai hari ini tidak ada tindakan sama sekali. Kami melaporkan dan membawa sampel rokok ilegal yang diproduksi di Madura sebanyak 40 sampel rokok,” lanjutnya.

Massa aksi menuntut agar Pemkab Pamekasan dan Bea Cukai Madura untuk tidak melakukan sidak ketoko-toko kecil, pengecer, dan menangkap para seles rokok ilegal yang ada di pamekasan.

“Seharusnya, Bea Cukai Madura sidak ke pabrik rokok (PR) ilegal di Pamekasan yang selama ini memproduksi dan memperdagangkan tanpa legalitas hukum. Dan tutup pabrik rokok (PR) tanpa izin yang beroperasi di Pamekasan yang tidak memiliki izin,” tegasnya.

Selain itu, massa aksi menuntut agar menangkap dan penjarakan para palaku dan bandar produksi rokok ilegal yang ada di kabupaten Pamekasan yang sudah mencoreng nama baik Madura dan Pamekasan.

“Jika dalam waktu sesingkat-singkatnya pejabat Bea Cukai Madura tidak melakukan tindakan kepada (PR) rokok ilegal, Maka dipastikan semua pejabat Bea Cukai Madura akan di mutasi atau tour of area keluar jawa,” tukasnya.

Publisher : Syahrul

Tags
Anda Sedang Membaca:

GAM Jatim Desak Pemkab Pamekasan dan Bea Cukai Madura Tegas Menindak Pabrik Pengedar Rokok Ilegal

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT