Jumat, 08 Juli 2022
Pemerintahan

Malang Jadi Road Show Perdana Gebyar Batik Pamekasan 2022, Ini Pesan Bupati

profile
Faisol

21 Maret 2022 18:45

391 dilihat
Malang Jadi Road Show Perdana Gebyar Batik Pamekasan 2022, Ini Pesan Bupati
Gebyar Batik Pamekasan 2022 digelar di Kota Malang

PAMEKASAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan melaksanakan Gebyar Batik Pamekasan 2022 di Kota Malang.

Gebyar Batik Pamekasan 2022 perdana yang berlangsung di Town Scuare (Matos), Malang, Jum'at malam, 18 Maret 2022, berlangsung meriah.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Pamekasan, Sekdakab Pamekasan, Ketua DPRD Pamekasan beserta anggotanya, Kepala Disperindag Pamekasan, Ketua Dekranasda Pamekasan, dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pamekasan.

Tak hanya itu, acara meriah tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Kabupaten Malang, Wali Kota Batu, Dekan Fakultas Teknis Jurusan Teknilogi Industri UNM, Kepala SMKN 3 Malang, dan komunitas & sosialita pecinta batik.

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dalam sambutannya mengaku bangga bisa dipadati ratusan pengunjung Matos untuk menyaksikan parade batik oleh para model.

"Alhamdulillah kita bisa menyaksikan batik tulis Pamekasan yang tidak hanya indah tetapi bertuah. Batik Pamekasan ini dibuat dengan banyak corak," katanya.

Menurutnya, sebagian batik tulis Pamekasan ada yang dibuat selama 9 bulan saat perajinnya dalam kondisi hamil, atau bahkan hingga memakan waktu 12 bulan lantaran prosesnya membutuhkan waktu lama sehingga tidak heran jika batik tulis ini mengandung tuah luar biasa.

Gebyar batik tersebut sebagai ikhtiar pemerintah daerah untuk mengenalkan batik Pamekasan di kancah nasional, bahkan ke kancah internasional.

"Kita sengaja mempromosikan batik tulis, karena tidak banyak orang yang tahu dan mengenalnya. Kalau banyak orang tahu bahwa di Pamekasan ada batik tulis heretage, batik tulis yang indah dan bagus, mudah-mudahan menjadi referensi para pecinta batik, pecinta gaun untuk memakai batik tulis Pamekasan," tuturnya.

Dikatakan, batik Pamekasan tidak hanya menyediakan kain batik saja, melainkan para pelaku UMKM juga melakukan inovasi membuat sepatu batik, songkok batik, jilbab batik, masker batik, sarung batik khusus laki-laki, serta varian batik lainnya untuk memenuhi kebutuhan pasar. Inovasi itu ternyata menyedot perhatian banyak orang untuk turut menggunakannya.

"Kita bermitra dengan ecomerce, kita promosikan, harapannya seluruh kita yang senang batik, tidak merasa kesulitan untuk mendapatkan produk batik yang baik. Mudah-mudahan para pelaku UMKM bisa bangkit, sejahtera, dan bisa terjual barang-barangnya dan dipakai oleh kita semua, karena kita mencintai produk dalam negeri," tukasnya.

Diketahui, ada lima kota yang akan menjadi tempat Gebyar Batik Pamekasan 2022 ini, meliputi; Malang, Tuban, Jember, Bromo, Bali, dan Surabaya. (*)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Malang Jadi Road Show Perdana Gebyar Batik Pamekasan 2022, Ini Pesan Bupati

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT