Senin, 28 November 2022
Pemerintahan

Gigih Bersinergi, BPJamsostek Banyuwangi Gaet Kepesertaan Jamsos dari Pekerja Non ASN Pengadilan Agama

profile
Ikhwan

27 Oktober 2022 15:38

517 dilihat
Gigih Bersinergi, BPJamsostek Banyuwangi Gaet Kepesertaan Jamsos dari Pekerja Non ASN Pengadilan Agama
Penandatanganan perjanjian kerjasama antara PA Banyuwangi dan BPJS Ketenagakerjaan. (SJP)

BANYUWANGI – BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Banyuwangi terus mendorong para pekerja di wilayah Bumi Blambangan terlindungi oleh jaminan sosial (Jamsos).

Upaya yang dilakukan Tim BPJamsostek Banyuwangi bervariatif. Mulai dari turun langsung melakukan sosialisasi kepada para pekerja. Pun juga menjalin sinergi dengan stake holder dan pemangku kebijakan di wilayah setempat.

Terbaru, BPJamsostek Banyuwangi melakukan perjanjian Kerjasama atau MoU bersama Pengadilan Agama setempat tentang pelaksanaan kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Pengadilan Agama Banyuwangi, Mohammad Alirido mengapresiasi atas peran aktifnya BPJamsostek dalam memberikan perlindungan bagi pegawai Non ASN di lingkup Pengadilan Agama Banyuwangi.

“Peranan BPJamsostek sangat membantu dalam rangka memberikan perlindungan bagi tenaga kerja Non ASN di lingkungan Pengadilan Agama Banyuwangi. Alhamdulillah di tahun 2022 ini seluruh tenaga kerja Non ASN akan mendapatkan manfaat perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian dari BPJAMSOSTEK,” ucap Mohammad Alirido.

Menurutnya, Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2021 Tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) sudah jelas. Dalam inpres tersebut presiden menegaskan bahwa seluruh pekerja penerima upah, bukan penerima upah, Pekerja Migran Indonesia, serta pegawai pemerintah non aparatur sipil negara harus didaftarkan menjadi peserta BPJAMSOSTEK.

“ Melalui penandatanganan MoU ini, Pengadilan Agama Banyuwangi mengikutsertakan tenaga kerja non ASN ke dalam program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) BPJS Ketenagakerjaan , “ ucapnya

Sementara Kepala BPJamsostek Banyuwangi,Eneng Siti Hasanah menjelaskan beragam manfaat yang bisa didapatkan para pekerja non ASN diantaranya perawatan tanpa batas biaya sesuai indikasi medis hingga sembuh bagi pekerja non ASN yang mengalami kecelakaan kerja.

Seluruh tenaga kerja non ASN didaftarkan ke dalam 2 program BPJAMSOSTEK yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). JKK merupakan manfaat berupa uang tunai dan/atau pelayanan kesehatan yang diberikan pada saat Peserta mengalami Kecelakaan Kerja atau penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kerja.

Sedangkan JKM merupakan manfaat berupa uang tunai yang diberikan kepada ahli waris ketika peserta meninggal dunia. Jika Peserta memiliki anak, maka akan mendapatkan beasiswa pendidikan dari jenjang Taman Kanak- Kanak (TK) hingga Perguruan Tinggi atau sebesar maksimal Rp174 juta untuk 2 orang anak.

“BPJamsostek seperti yang diamanatkan oleh undang undang, kami akan melindungi seluruh pekerja apapun profesinya, tidak terkecuali teman- teman non ASN di Lingkpu Pengadilan Banyuwangi. Seluruh insan BPJAMSOSTEK siap mendukung dan memberikan pelayanan terbaik," pungkas Eneng Siti Hasanah. (Ikhwan)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Gigih Bersinergi, BPJamsostek Banyuwangi Gaet Kepesertaan Jamsos dari Pekerja Non ASN Pengadilan Agama

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT