Selasa, 27 September 2022
Pemerintahan

Harga BBM Bersubsidi Naik, BLT Segera Diterima Masyarakat Kota Batu

profile
Doi

06 September 2022 17:45

399 dilihat
Harga BBM Bersubsidi Naik, BLT Segera Diterima Masyarakat Kota Batu
BLT akan diberikan kepada masyarakat Kota Batu setelah kenaikan harga BBM bersubsidi. (SJP)

KOTA BATU – Setelah adanya kenaikan harga BBM bersubsidi, pada pekan awal September 2022 ini masyarakat Kota Batu bakal mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Kendati demikian, Pemkot Batu belum mengantongi data warganya yang akan mendapat BLT karena data penyaluran BLT BBM dari pusat.

Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, jika pihaknya belum memiliki data pasti penerima, sebab data penyaluran BLT BBM langsung dari pusat.

"Tapi jika merunut dari data Kemensos dari bantuan sebelumnya, ada sekitar 8.900 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Batu," ungkap Dewanti. Selasa (6/9/2022).

Ia menambahkan, Pemkot Batu akan mengcover dana bantuan kepada masyarakat di luar KPM.

"Kami siapkan sekitar Rp 10 miliar dari APBD yang diberikan kepada sekitar 16 ribu KK di Kota Batu," tegasnya.

Dana tersebut, dikatakan Dewanti, diambil dari 2 persen dari prosentase Dana Transfer Umum (DTU) dan Dana Bagi Hasil (DBH). 

Agar tahapan cepat, lanjut Dewanti, Pemkot Batu sedang berkoodinasi dengan Kemensos untuk melihat siapa saja KPM yang akan menerima BLT BBM dari pusat.

"Jika sudah, baru nanti kita yang kover bantuan bagi yang belum dapat. Pencairannya akan disalurkan lewat Kantor Pos. Pembagian BLT akan dilakukan di 24 desa yang ada di Kota Batu bersama dengan pihak terkait," paparnya.

Terpisah, Sekertaris Dinas Sosial Kota Batu, Adiek Imam Santoso menguraikan jika dirinya sedang menunggu informasi dari pusat terkait data KPM tersebut. 

"Secepatnya ada kabar, 2 sampai 3 hari mendatang lah. Intinya pendistribusiannya nanti di masing-masing kantor desa atau kelurahan," tandas dia. (Doi Nuri)

Editor: Redaksi 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Harga BBM Bersubsidi Naik, BLT Segera Diterima Masyarakat Kota Batu

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT