Minggu, 02 Oktober 2022
Pemerintahan

Idul Adha Tinggal Menghitung Hari, Wakil DPRD Banyuwangi Minta Eksekutif Perketat Pengawasan Hewan Kurban

profile
Ikhwan

05 Juli 2022 17:10

467 dilihat
Idul Adha Tinggal Menghitung Hari, Wakil DPRD Banyuwangi Minta Eksekutif Perketat Pengawasan Hewan Kurban
Wakil Ketua DPRD Banyuwangi Ruliyono. (SJP)

BANYUWANGI - Pelaksanaan Idul Adha tinggal menghitung hari. Di momen itu masyarakat muslim akan melakukan pemotongan hewan kurban.

Namun pelaksanaan tahun ini sedikit berbeda lantaran adanya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak berkuku belah. Baik itu sapi, domba ataupun kambing 

Menyikapi hal itu, Wakil Ketua DPRD Banyuwangi Ruliyono, meminta agar Pemkab melalui Dinas Pertanian dan Pangan melakukan pengawasan ketat terhadap hewan kurban, seiring merebaknya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak.

Dewan ingin, hewan kurban yang dikonsumsi masyarakat dalam keadaan sehat.

"Meskipun stok ternak di Banyuwangi untuk kurban dalam keadaan aman, namun pengawasan jangan diabaikan. Lakukan monitor hewan ternak dalam hal ini sapi dan kambing yang dijual dan akan disembelih pada perayaan Idul Adha nanti," pinta Ruli, Selasa (5/7/2022).

Ruli menyarankan agar dinas sesegera mungkin melakukan sertifikasi ternak.

Seperti melakukan verifikasi kesehatan ternak, pemberian penanda pada ternak yang sudah menjalani pemeriksaan sebelum dikonsumsi untuk kebutuhan hari raya kurban.

Selain itu, masyarakat juga harus diingatkan bagaimana prosedur pengolahan daging yang tepat selama masa PMK ini.

"Bagian ini yang juga sulit untuk mengontrolnya dan ini masalah serius sehingga pengawasan harus betul-betul ketat,” tegasnya.

Terpisah, Kabid Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi, drh. Nanang Sugiarto menuturkan, pihaknya telah melakukan langkah-langkah antisipasi menjelang Idul Kurban.

Setidaknya, kata Nanang, ada tiga kali pemeriksaan. Mulai dari hewan kurban yang ada di peternak dan pedagang, kemudian hewan kurban yang dikirim ke pembeli, terakhir pemeriksaan daging yang telah dipotong.

"Hari ini kita sudah melakukan pemeriksaan ke peternak dan penjual hewan kurban. H-2 Idul Adha kita periksa lagi hewan yang dikirim ke panitia kurban sebelum dipotong. Terakhir setelah dipotong masih kita periksa, apakah daging layak dikonsumsi untuk diberikan kepada masyarakat," jelasnya.

Pihaknya memastikan hewan kurban yang dibagikan ke masyarakat benar-benar sehat, aman dan halal dikonsumsi. Sebelum dikirim ke panitia kurban, Dinas Pertanian dan Pangan menerbitkan sertifikat veteriner.

"Artinya, kita beri surat keterangan kesehatan hewan, bahwa baik sapi dan kambing itu layak untuk dijadikan hewan kurban," pungkasnya. (*)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Idul Adha Tinggal Menghitung Hari, Wakil DPRD Banyuwangi Minta Eksekutif Perketat Pengawasan Hewan Kurban

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT