Senin, 28 November 2022
Pemerintahan

Jelang KTT G-20 di Bali, Forkopimda Jatim Perketat Keamanan di Titik Simpul

profile
Ikhwan

07 November 2022 15:06

482 dilihat
Jelang KTT G-20 di Bali, Forkopimda Jatim Perketat Keamanan di Titik Simpul
Forkopimda Jatim lakukan komunikasi jelang KTT G-20. (SJP)

BANYUWANGI  – Pelaksanaan KTT G-20 di Bali tinggal beberapa minggu lagi. Sebagai kawasan bersebelahan dengan Bali, Pemprov Jatim pun turut terlibat untuk menjaga kondusivitas dan keamanan.

Seperti pada Senin (7/11/2022) ini, Kodam V Brawijaya bersama Polda Jawa Timur dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur melaksanakan Apel Gelar Pasukan di Pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi.

Apel dihadiri Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto, Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto, Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak, dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Apel dipimpin oleh Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto. Diikuti oleh 790 personel gabungan.

Mayjen TNI Nurchahyanto mengatakan dimaskudkan untuk mengukur sejauh mana kesiapsiagaan baik TNI, Polri, dan unsur pemerintah daerah dalam membantu pengamanan KTT G20 pada 15-16 November mendatang.

"Karena posisi Jawa Timur itu bersebelahan dengan Bali, maka kita punya kewajiban untuk menciptakan situasi aman," kata Nurchahyanto.

Dia menyebut dalam pengamanan ini personel akan diterjunkan di beberapa titik simpul yang menjadi prioritas. Seperti di Pelabuhan Ketapang, Bandara Banyuwangi, hingga pelabuhan rakyat.

"Pelabuhan penyeberangan Ketapang merupakan jalur laut dari Jawa menuju Bali, makanya harus kita jaga ketat. Di bandara kita siapkan unsur-unsur udara untuk membantu evakuasi dan sebagainya," ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto menyampaikan, personel Polri disiagakan untuk mengawasi ketat setiap orang maupun barang yang akan menyeberang ke Pulau Bali.

"Itu yang menjadi fokus kita dalam membantu pengamanan KTT G20. Khusus untuk di Pelabuhan Ketapang kita terjunkan 143 personel, kalau dengan gabungan sebanyak 359 personel," katanya.

Selain itu, Kepolisian Daerah (Polda) Jatim menurunkan penembak jitu atau sniper di beberapa titik selama pengamanan KTT G20.

"Anggota kita mulai dari tim gegana, sniper, dan sebagainya kita tempatkan di titik-titik yang menjadi sarana vital, salah satunya di Pelabuhan Ketapang," tandasnya. (Ikhwan)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Jelang KTT G-20 di Bali, Forkopimda Jatim Perketat Keamanan di Titik Simpul

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT