Selasa, 24 Mei 2022
Pemerintahan

Kantor Kelurahan Kertosari Banyuwangi Jadi Rumah Restorative Justice 

profile
Ikhwan

31 Maret 2022 21:00

364 dilihat
Kantor Kelurahan Kertosari Banyuwangi Jadi Rumah Restorative Justice 
Rumah Restorasi Justice di Kelurahan Kertosari. (Suara Jatim Post)

BANYUWANGI - Rumah Restorative Justice (RJ) kini resmi dimiliki oleh Kabupaten Banyuwangi. Rumah itu ditempatkan di Kantor Kelurahan Kertosari, Kecamatan Banyuwangi.

Rumah Restorative Justice untuk menyelesaikan perkara pidana yang tidak dapat dibawa ke persidangan.

Rumah RJ tersebut diresmikan langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Banyuwangi, Mohammad Rawi bersama Forpimda Banyuwangi, Kamis (31/3/2022).

Kajari Banyuwangi, Mohammad Rawi mengatakan bila rumah RJ atau keadilan restoratif merupakan suatu wujud pembaharuan dalam sistem hukum pidana.

Dimana fokus dari konsep ini adalah menitikberatkan pada perdamaian, serta pemulihan kerugian atau keadaan korban seperti semula sekaligus memberikan keadilan dan kepastian hukum.

"Rumah RJ ini untuk menyelesaikan perkara pidana yang tidak dibawa ke persidangan. Jadi semisal ada pemulihan, perdamaian dari pihak-pihak korban maupun tersangka, bisa diselesaikan di rumah RJ," kata Rawi.

Menurutnya perlu kehati-hatian dalam menyelesaikan perkara Restorative Justice. Karena hal ini memiliki implikasi hukum, output dari pelaksanaan RJ. 

"RJ di Kejaksaan adalah berupa produk hukum yaitu SKP2 (Surat Ketetapan Penghentian Penuntutan), yang jika tidak dilakukan secara cermat maka berpotensi untuk digugat melalui mekanisme praperadilan,” ujarnya.

Adapun syarat pelaksanaan restorative justice adalah dimana tindak pidana yang dijalani pelaku baru pertama kali dan bukan residivis kemudian ancaman hukumannya tidak lebih dari 5 tahun dan kerugian materilnya tak lebih dari Rp. 2,5 juta.

"Perkara yang paling umum diselesaikan berdasarkan keadilan restoratif yaitu kasus kekerasan dalam rumah tangga, pencurian ringan, dan penganiayaan," cetusnya.

Dipilihnya Kelurahan Kertosari menjadi rumah RJ itu, dirasa cukup strategis untuk dijangkau masyarakat yang berada di Banyuwangi Kota. Kedepan, rumah RJ ini rencananya akan ditambah. "Nanti ada lagi, minimal 5 rumah RJ kita buat di Banyuwangi," kata Rawi.

Rumah Restorative Justice diharapkan dapat memenuhi asas penyelesaian perkara secara cepat, sederhana, dan biaya ringan. 

"Selain itu, saya juga berharap masyarakat bisa lebih mengerti, memahami penyelesaian perkara di luar persidangan dengan baik, tidak memiliki stigma negatif, dan membantu mengharmoniskan masyarakat yang terlibat permasalahan," pungkasnya. 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Kantor Kelurahan Kertosari Banyuwangi Jadi Rumah Restorative Justice 

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT