Selasa, 27 September 2022
Pemerintahan

Kepala Puskesmas Pakis Jadi Kadinkes, Begini Penjelasan Bupati Malang

profile
Senopati

20 September 2022 21:15

548 dilihat
Kepala Puskesmas Pakis Jadi Kadinkes, Begini Penjelasan Bupati Malang
Kepala Dinas Kesehatan yang baru dilantik dan diambil sumpahnya,  Wiyanto W (kiri) saat membacakan pakta integritas dihadapan Bupati Malang HM Sanusi (SJP)

KABUPATEN MALANG – Kepala Puskesmas Pakisaji, drg Wiyanto Wijoyo dipromosikan oleh Bupati Malang, HM Sanusi, menempati jabatan sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang.

Berbekal kinerja yang bagus, berprestasi, serta memberikan pelayanan yang prima pada masyarakat menjadi penilaian Bupati Malang untuk mempromosikan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menduduki jabatan tertentu.

Hal tersebut disampaikan HM Sanusi saat melantik dan mengambil sumpah 116 ASN menjabat mulai esselon II sampai esselon IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang, akhir pekan lalu.

Menurut Abah Sanusi, panggilan akrab Bupati Malang, bagi ASN yang menunjukkan kinerja baik dan bagus serta berprestasi tentu akan mendapatkan promosi jabatan,

"Jadi promosi jabatan ini bukan pantas atau tidak pantasnya, atau terkait gengsi, namun karena ASN tersebut memiliki prestasi untuk diberikan promosi jabatan, seperti Pak Wiyanto yang saya promosikan jadi Kepala Dinas Kesehatan," kata Bupati Malang 

Bupati Malang menambahkan, seorang pemimpin harus memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat dan hal tersebut harus menjadi pedoman bagi seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang serta menjalankan tugas, pokok dan fungsinya.

"Dengan menjalankan Tupoksi serta memberikan pelayanan terbaik adalah suatu kewajiban bagi seorang pejabat yang nantinya menjadi pedoman bagi seluruh ASN yang mengabdi untuk kepentingan Kabupaten Malang," jelas Sanusi.

Mengenai pelayanan publik, lanjut Bupati Malang, Dinas Kesehatan salah satu Organisasi Perangkat Daerah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Jadi disetiap OPD yang melayani ada slogan 'Senyum, Salam dan Sapa', dengan penerapan 3S tersebut setiap masyarakat yang datang untuk mengurus ijin apapun akan menjadi nyaman, dan itu menjadi penilaian tersendiri," kata Sanusi.

Ombudsman, dikatakan Sanusi memberikan nilai terendah bagi pelayanan di Dinas Kesehatan karena banyak laporan masuk ke Ombudsman Dinkes kurang maksimal dalam pelayanan publiknya.

Pemkab Malang, lanjut Sanusi, saat ini terus membenahi Puskesmas di Kabupaten Malang menjadi Puskesmas Prototype dengan segala fasilitas yang ada.

Tercatat di tahun 2021 lalu, dua puskesmas Prototype dibangun Pemkab, diantaranya Puskesmas Sumbermanjing Wetan dan Puskesmas Wonokerto Bantur.

Kata Sanusi, secara bertahap pihaknya akan menjadikan seluruh Puskesmas menjadi Puskesmas Prototype.

"Dengan perbaikan fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Malang, nantinya dapat dibarengi peningkatan pelayanan yang maksimal pada masyarakat," ungkap dia.

Sanusi mengaku, dirinya memberikan waktu setahun kepada Kadinkes baru, untuk melakukan perubahan.

"Kalau tidak mampu siap-siap saya akan mengevaluasi dan menggantinya." pungkas Bupati Malang. (Seno)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Kepala Puskesmas Pakis Jadi Kadinkes, Begini Penjelasan Bupati Malang

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT