Kamis, 06 Oktober 2022
Pemerintahan

Kerjasama Bumisari dan Pemdes Kluncing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Peternakan Warga Banyuwangi 

profile
Ikhwan

31 Agustus 2022 17:00

429 dilihat
Kerjasama Bumisari dan Pemdes Kluncing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Peternakan Warga Banyuwangi 
Pengurus Bumdes Bumisari, Banyuwangi. (SJP)

BANYUWANGI - PT Perkebunan dan Dagang Bumisari Maju Sukses terus menebar kebermanfaatan untuk masyarakat.

Kemarin Bumi Sari menjalin kerjasama dengan Desa Bayu, Kecamatan Songgon untuk pengembangan wisata.

Kali ini Bumi Sari menjalin perjanjian kerjasama dengan Desa Kluncing Licin untuk mengembangkan peternakan.

Penandatanganan kerjasama dilakukan langsung di Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, Rabu (31/8/2022) siang.

Dalam kerjasama itu tertuang bahwa Bumi Sari memberikan lahan seluas 89 hektare kepada 206 warga Kluncing. 

Lahan itu dipergunakan untuk penanaman pakan ternak berupa tanaman odot atau varietas rumput gajah (Pennisetum purpureum) dan Indigofera.

Kepala ADM Bumi Sari Sudjarwo, mengatakan upaya yang dilakukan itu adalah bentuk komitmen perkebunan untuk menebar kebermanfaatan bagi masyarakat. Perkebunan Bumi Sari dikelilingi oleh 3 Desa yakni Bayu, Kluncing dan Pakel.

"Alhamdulillah kita akhirnya bisa menjalin kerjasama dengan dua desa yang ada di wilayah Perkebunan Bumisari, nantinya kerjasama ini juga akan merambah Desa Pakel. Dikarenakan Perkebunan Bumisari masuk dalam tiga wilayah desa yaitu Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Desa Kluncing, dan Desa Pakel, Kecamatan Licin," kata Sudjarwo.

Dalam kesepakatan dengan Desa Kluncing itu adalah untuk mendorong kesejahteraan masyarakat lewat usaha peternakan. 

Lahan seluas 89 hektare itu diperuntukkan untuk penamaan odot dan indigofera. Selain kedua tanaman tersebut tidak diizinkan untuk ditanam.

"Selain tanaman pakan untuk ternak, warga tidak diperbolehkan menanam tanaman lainnya. Karena, ini demi pemanfaatan lahan untuk para peternak," ujarnya.

Selain peternakan, lanjut Sudjarwo, Bumi Sari juga akan mendorong pembangunan wisata alam. 

"Kita sangat mengutamakan masyarakat yang ada di desa, khususnya desa yang sudah menjalin kerjasama dengan baik," tegasnya.

Mendatang pihaknya berharap, agar masyarakat dengan Bumi Sari bisa saling bersinergi. Targetnya jelas untuk membangun kesejahteraan baik bagi masyarakat itu sendiri maupun perkebunan.

"Sinergitas seperti ini memang sangatlah penting, sehingga masyarakat maupun Perkebunan Bumisari bisa berdampingan dan juga menciptakan kondusifitas wilayah," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Desa Kluncing, menyampaikan terimakasih kepada Bumi Sari. Menurutnya kerjasama itu sangat bermanfaat untuk pengembangan peternakan di wilayah setempat.

"Makanya dengan adanya kerjasama ini merupakan suatu perubahan yang sangat bagus, dikarenakan bisa menertibkan masyarakat agar tidak saling dirugikan," kata dia.

Sumawi berharap dengan adanya kerjasama itu peternak di Desa Kluncing bisa terus berkembang dengan baik. 

"Makanya selain perjanjian dalam budidaya pakan ternak ini, tentunya akan kita kembangkan juga dalam potensi-potensi wisata yang ada. Sehingga, Perkebunan Bumisari dan Desa Kluncing bisa terus maju dan bersama untuk mengembangkan ekonomi masyarakat," harapnya. (Ikhwan)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Kerjasama Bumisari dan Pemdes Kluncing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Peternakan Warga Banyuwangi 

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT