Senin, 28 November 2022
Pemerintahan

Ketua DPRD Banyuwangi : Pagelaran Gandrung Sewu adalah Bagian dari upaya Regenerasi

profile
Ikhwan

31 Oktober 2022 18:20

417 dilihat
Ketua DPRD Banyuwangi : Pagelaran Gandrung Sewu adalah Bagian dari upaya Regenerasi
Ketua DPRD Banyuwangi, I Made Cahyana Negara

BANYUWANGI - Ketua DPRD Banyuwangi, I Made Cahyana Negara mengapresiasi perhelatan Festival Gandrung Sewu di tahun 2022 ini.

Bukan tanpa alasan, politisi dari partai PDI-P ini mengaku kagum lantaran aksi para penari mampu menyihir setiap pasang mata yang menyaksikan.

Menurutnya, sebanyak 1.248 penari yang tampil dalam festival tahunan itu, dapat merangsang generasi penerus pelaku seni khususnya gandrung.

"Saya sangat mendukung Gandrung Sewu ini. Karena satu menjadi trek record Banyuwangi. Kedua sebagai konsolidasi budaya. Ketiga merangsang generasi penerus pelaku-pelaku seni, khususnya gandrung," kata Made.

Dia menyebut, Gandrung Sewu menjadi sangat menarik karena merupakan pelestarian budaya.

"Tari Gandrung ini kan identitas Banyuwangi yang wajib kita lestarikan. Bagi saya itu yang menarik dan paling penting," cetusnya.

Lebih lanjut Made menjelaskan, pelestarian budaya ini juga sejalan dengan visi PDI Perjuangan. 

"Karena dalam ajaran tri sakti Bung Karno sudah disampaikan tentang berkepribadian dalam kebudayaan," ucapnya.

Made membeberkan, dalam tri sakti Bung Karno sebuah bangsa akan berdiri kokoh bila memiliki kemandirian dalam bidang ekonomi, kedaulatan dalam bidang politik, dan kepribadian dalam bidang kebudayaan.

Kepribadian dalam bidang kebudayaan menjadi kata kunci. Sebab, sebuah bangsa tidak akan bisa menciptakan peradabannya sendiri tanpa pondasi kebudayaan yang kuat.

"Peradaban adalah wujud material dan kebudayaan adalah rohnya," jelasnya.

Terakhir, Made berharap pagelaran Gandrung Sewu terus menjadi agenda tahunan Banyuwangi. Ia juga meminta agar terus dibenahi dan dievaluasi jika memang ada beberapa kekurangan.

Sebab, Made menambahkan bahwa Bumi Blambangan adalah miniatur Indonesia. Artinya, sesuai semangat nasionalisme, seluruh budaya asli Nusantara wajib hukumnya di uri-uri.

"Apalagi dengan sajian kolosal, dan koreografi yang bagus, Gandrung Sewu terbukti telah menjadi magnet ampuh dalam mendatangkan wisatawan," pungkasnya.

Publisher : Syahrul

Tags
Anda Sedang Membaca:

Ketua DPRD Banyuwangi : Pagelaran Gandrung Sewu adalah Bagian dari upaya Regenerasi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT