Sabtu, 21 Mei 2022
Pemerintahan

KTN untuk Bina Eks Napiter Diluncurkan, Kepala BNPT Minta Sinergi Seluruh Pihak

profile
Senopati

24 Maret 2022 22:28

196 dilihat
KTN untuk Bina Eks Napiter Diluncurkan, Kepala BNPT Minta Sinergi Seluruh Pihak
Bupati Malang bersama Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar

MALANG - Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) kerjasama Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang diluncurkan. 

Kawasan yang berada di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang ini sedianya digunakan untuk menanggulangi terorisme berbasis pembangunan kesejahteraan yang merangkul semua pihak bersinergi antara Pemerintah pusat, Daerah dan seluruh elemen yang ada di masyarakat.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, dalam penanganan terorisme perlu kolaborasi dan sinergi agar Negara harus hadir karena masalah terorisme harus melihat secara utuh.

"Terorisme adalah permasalaham bangsa yang cukup serius, dan apabila tidak ditangani dengan baik maka akan terjadi situasi dan kondisi yang kurang mengenakkan, bahkan bisa menghambat pembangunan yang sedang kita laksanakan," kata Boy Rafli Amar, Kamis (24/3/2022).

Kehadiran KTN di Turen adalah penanggulangan terorisme berbasis pembangunan kesejahteraan, maka BNPT berkolaborasi dengan semua pihak, dan ini dalam upaya penegakan Soft pada penyintas dan eks narapidana terorisme bisa menjadi bagian dari masyarakat.

"Keberadaan KTN ini menjadi penegakan soft bagi penyintas dan eks Napiter agar nantinya setelah kembali ke masyarakat dapat bersosialisasi dan memberi manfaat bagi masyarakat. Selain itu keberadaan KTN bisa mengeliminasi keberadaan terorisme dan intoleransi di masyarakat kaena kita melibatkan eks Napiter," terang mantan Kapolda Banten.

Selain mengeliminasi terorisme dan intoleransi, keberadaan KTN di Kabupaten Malang ini sarana terpadu untuk kegiatan ekonomi, edukasi dan pariwisata. "Jadi ini sejalan dengan upaya Pemerintah semua aspek ekonomi kita bisa terlibat dan secara spesifik eks Napiter dan Penyintas ikut didalamnya," jelas Boy Rafli.

Boy Rafli menambahkan, nantinya di KTN ini tidak hanya ada wadah bidang pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan, kedepan BNPT rencananya akan ada wadah Warung NKRI. Dimana Warung itu kepanjangan dari Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI, rencananya warung tersebut menjajakan makanan minuman serta kuliner UMKM yang ada di wilayah Turen ini.

"Selain Turen, di kabupaten ada satu lagi yang akan dibangun KTN di Desa Duwet, namun nanti menyusul. KTN di Turen ini ada kerjasama antara BNPT, Pemerintah Kabupaten Malang dan Universitas Islam Malang. KTN juga akan menyelenggarakan dialog kebangsaan yang narasumbernya para eks NapiterNapiter yang ada wilayah Kabupaten Malang," paparnya.

Sementara itu, Bupati Malang H.M Sanusi berharap keberadaan KTN di Turen ini menjadi pilot project dalam penanggulangan terorisme yang berbasis pembangunan kesejahteraan.

"Keberadaan KTN di Kabupaten Malang ini menjadi pilot project dalam upaya pencegahan dan penanggulangan radikalisme dan terorisme di tingkat daerah, Semoga dengan pendekatan dapat menularkan yang positif kepada seluruh lapisan masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kemandirian dalam mewujudkan ketahanan ekonomi agar masyarakat semakin tangguh dan tidak Mudah terpengaruh oleh aliran radikal yang menyesatkan.” pungkas Abah Sanusi. (nes)

Tags
Anda Sedang Membaca:

KTN untuk Bina Eks Napiter Diluncurkan, Kepala BNPT Minta Sinergi Seluruh Pihak

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT