Selasa, 27 September 2022
Pemerintahan

Kunjungi Desa Pandansari Malang, Menteri PMK Target Tahun 2024 Kemiskinan Ekstrim Sudah Hilang

profile
Senopati

30 Agustus 2022 07:37

275 dilihat
Kunjungi Desa Pandansari Malang, Menteri PMK Target Tahun 2024 Kemiskinan Ekstrim Sudah Hilang
Menteri koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy (baju putih, tengah) didampingi Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto (kiri) di Balai Desa Pandansari Poncokusumo Kabupaten Malang.

KABUPATEN MALANG - Penanganan kemiskinan ekstrim harus dilakukan dengan penanganan yang khusus dan  tepat sasaran agar target tahun 2024 kemiskinan ekstrim di Indonesia pada umumnya dan di Kabupaten Malang pada khususnya bisa hilang, hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Efendy saat kunjungan kerja di Desa Pandansari Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang, Senin (29/8/2022).

Menurut Muhadjir, dalam penanganan kemiskinan ekstrim ini pihaknya minta Kementerian Sosial untuk ikut turun di Kabupaten Malang untuk menangani rumah-rumah yang sudah tidak layak huni untuk menjadikan Kabupaten Malang ini bisa menjadi contoh dimana penanganan kemiskinan ekstrim yang berhasil.

“Saya perkirakan angka masyarakat miskin di Negara kita itu masih dalam angka dua puluh sembilan juta jiwa, atau 9 persen dari jumalah penduduk masyarakat Indonesia, dari angka 29 juta jiwa itu ada sekitar 6 juta jiwa yang masuk miskin ekstrim. Kabupaten Malang ini menjadi contoh penghapusan Kemiskinan Ekstrem bukan hanya di tingkat Provinsi tetapi di tingkat Nasional,” kata Muhadjir Efendy.

Muhadjir menambahkan, di wilayah Jawa Timur, Kabupaten Malang tingkat kemiskinan ekstrim yang paling tinggi. “Untuk itu, saya bersama dua Staf Khusus Presiden RI menyempatkan diri datang secara langsung ke Kabupaten Malang dengan Target di tahun 2024 kemiskinan ekstrim harus sudah hilang, sesuai dengan isntruksi Presiden Republik Indonesia,” imbuh Menko PMK.

Sementara itu, Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto menjelaskan berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2022, jumlah penduduk miskin di Kabupaten Malang pada tahun 2021 tercatat sebanyak 276.580 jiwa atau 10,50 persen dengan perhitungan garis kemiskinan sebesar Rp. 348.695 per bulan, mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan tahun 2020, berdasarkan data dari BKKBN sebagai sumber penajaman sasaran program kemiskinan Ekstrim, jumlah penduduk miskin ekstrim tahun 2022 di Kabupaten Malang sebesar 24.070 jiwa, dengan 0,91 persen dari jumlah penduduk.

“Pemerintah Kabupaten Malang pastinya berkomitmen kuat, dan tidak mengenal lelah untuk terus melakukan berbagai upaya dalam menurunkan angka kemiskinan salah satunya Menciptakan lapangan kerja yang diintegrasikan dengan berbagai program prioritas pembangunan yang sedang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Malang, untuk menurunkan angka pengangguran sekaligus mengurangi angka kemiskinan,” tegas Wabup Malang.

Wabup Malang berharap jalinan koordinasi dan keselarasan program penanggulangan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Malang dapat berjalan sinergis, utamanya dalam menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim, dan dalam rangka untuk mewujudkan penghapusan kemiskinan ekstrem di seluruh wilayah Indonesia pada tahun 2024.

"Harapan kami dengan penanganan, sinergitas serta keselarasan program penanggulangan kemiskinan Ekstrim yang ada di Kabupaten Malang akan terwujud penghapusan kemiskinan ekstrim di Kabupaten Malang sesuai Instruksi Presiden Nomo 4 tahun 2022 tentang percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim," pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Menko PMK beserta Staf Khusus Presiden dan Wakil Bupati Malang berdialog secara langsung dengan Camat dan Kepala Desa di wilayah Kecamatan Poncokusumo terkait dengan penanganan kemiskinan ekstrim yang ada di Kabupaten Malang, dan menyarahkan bantuan sosial secara simbolis kepada warga Desa Pandansari.

Editor : Syahrul

Tags
Anda Sedang Membaca:

Kunjungi Desa Pandansari Malang, Menteri PMK Target Tahun 2024 Kemiskinan Ekstrim Sudah Hilang

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT