Rabu, 17 Agustus 2022
Pemerintahan

launching RJ di Gunung Sari Tajinan, Kejaksaan Negeri Malang Berikan Sosialisasi

profile
Senopati

21 Juli 2022 08:41

478 dilihat
launching RJ di Gunung Sari Tajinan, Kejaksaan Negeri Malang Berikan Sosialisasi
Jaksa Sutini saat memberikan sosialisasi Launching Rumah Restorative justice di Desa Gunung Sari, Tajinan, Kabupaten Malang. (SJP)

KABUPATEN MALANG – Rumah Restorative Justice (RJ) yang merupakan rumah untuk mencari keadilan diluar pengadilan, sudah tersebar di 33 kecamatan yang ada di Kabupaten Malang.

Nantinya rumah RJ diharapkan mampu memberikan solusi pada masyarakat yang ingin mencari keadilan di luar pengadilan.

Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang, melalui Jaksanya, Sutini mengatakan, di RJ itu, pihaknya berupaya agar tidak semua kasus kejahatan bisa diselesaikan di tingkat pengadilan.

"Tapi bisa diselesaikan di tingkat bawah, salah satu contoh di RJ ini, namun begitu harus terpenuhi syarat syarat RJ nya," kata Sutini, usai memberikan sosialisasi Launching RJ di Desa Gunung Sari Tajinan Kabupaten Malang, kemarin hari Rabu 20 Juli 2022.

Sutini menambahkan, salah satu syarat yang harus dipenuhi bagi masyarakat yang ingin mencari keadilan diluar pengadilan adalah, kerugiannya kurang dari 2,5 juta, ada etikat ingin damai pada kedua belah pihak, ancaman pidananya tidak sampai 5 tahun.

"Dengan syarat syarat RJ sudah terpenuhi maka nantinya kasus hukum bisa terselesaikan disini (red RJ), salah satu contoh kasus yaitu pencurian tanpa ada kekerasan, pelaku belum pernah terlibat kasus hukum sebelumnya, dan yang paling utama korban bisa memaafkan trus ancamannya 5 tahun dan saat melakukan kejahatan dia melakukan dengan terpaksa, itu bisa dilaksanakan disini," beber Sutini.

Sampai saat ini di Kabupaten Malang sudah ada RJ sebanyak 33 yang tersebar di setiap kecamatan, dan setiap kecamatan ada satu RJ.

"Jadi untuk di Kabupaten Malang ini, di setiap kecamatan sudah ada satu RJ yang akan menangani kasus hukum diluar pengadilan, dan sampai saat ini sudah ada 33 RJ yang tersebar di 33 Kecamatan," jelas Sutini.

Pihaknya selaku 'Jaksa Sahabat Rakyat' saat launching RJ di Desa Gunung Sari, Tajinan ini berbagi pengetahuan pada Kepala Desa SE Kecamatan Tajinan bagaimana tehnis dan pelaksanaan RJ.

"Tadi saat pembukaan RJ disampaikan juga Ibu Kepala Kejaksaan Tinggi dan Ibu Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang nanti kita bisa datang ke sini hari Jumat, kita bisa komunikasi lagi dengan masyarakat," tandas Sutini.

Sampai saat ini di wilayah hukum Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang sudah dan telah menangani dan memutus perkara diluar pengadilan.

"Untuk data lengkap sudah ada berapa kasus yang ditangani dan berapa yang diselesaikan datanya ada di Pidana Umum, silahkan teman teman media untuk datang ke Pidum," terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Gunung Sari Tajinan Kabupaten Malang, Rukadi menyambut baik dibukanya Rumah Restorative justice di Desa Gunung Sari ini.

Pihaknya juga berharap RJ ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat Desa Gunung Sari dan masyarakat Kecamatan Tajinan pada umumnya.

"Kami berharap pada masyarakat yang ingin mencari keadilan diluar pengadilan bisa memanfaatkan RJ ini, mudah mudahan keberadaan RJ bisa mendatangkan manfaat bagi masyarakat Tajinan," pungkas Rukadi. (Seno)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

launching RJ di Gunung Sari Tajinan, Kejaksaan Negeri Malang Berikan Sosialisasi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT